beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Yuk Belajar Kesenian Malang di Pasar Seni Bareng

Nivita Saldyni,
13 Januari 2020 08.40.00 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Yuk Belajar Kesenian Malang di Pasar Seni Bareng
Image: ANTARA

Malang - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak wisata edukasi, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang lewat Pasar Seni Bareng.

Walikota Malang, Sutiaji baru meresmikan lantai 3 Pasar Bareng sebagai pasar seni, kemarin. Keberadaan Pasar Seni Bareng ini akan menjadi wadah baru bagi para seniman di Kota Malang dan sekitarnya.

Beragam kios seni mengisi penuh lantai tiga pasar tradisional itu. Ada juga kesenian khas Malang, mulai dari lukisan, topeng, termasuk benda-benda yang bersejarah bisa kamu temukan di sana.

Pasar seni yang baru diresmikan Sabtu, 11 Januari 2020 itu bakal dimanfaatkan Pemkot Malang untuk menggenjot jumlah kunjungan wisata khususnya wisata edukasi.

Baca juga: The Luntas Indonesia Bakal Hibur Surabaya dengan Ludruk 'Misteri Suster Gepeng' Malam Ini

Ketua Komunitas Lintas Seni Budaya Kota Malang, Djoko Rendy mengatakan bahwa keberadaan Pasar Seni Bareng bisa jadi destinasi wisata baru buat kamu yang tertarik pada seni dan budaya lokal.

"Harapan kami, Pasar Bareng ini bisa menjadi destinasi baru di Kota Malang, selain menjadi wadah teman-teman untuk berekspresi, dan mendorong sektor ekonomi kreatif," kata Djoko, dilansir Antara.

Untuk itu, para seniman yang tergabung dalam Komunitas Lintas Seni Budaya Kota Malang secara khusus telah menyiapkan program edukasi seni khusus wisatawan yang datang.

"Kami juga menyiapkan program yang menarik seperti edukasi. Jadi para wisatawan bisa belajar membatik, atau membuat topeng, dan lainnya," katanya.

Jadi Urbanreaders bisa belajar berbagai seni budaya khas Malang, mulai dari membatik sampai membuat topeng malangan dan langsung diajari oleh ahlinya.

Baca Juga: Mengintip Kesenian Khas Jember, Gandrung Kentrung Djos

Ke depannya, pasar yang berlokasi di Jl. Terusan Ijen, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, itu bakal dilengkapi dengam Café Budaya dan Museum Karya Seni Arek-Arek Malang, lho.

"Ini merupakan upaya kami untuk merawat tradisi dan budaya dari Kota Malang, namun perlu upaya dari semua pihak, bukan hanya para seniman," tutup Djoko.

Nah, pasar ini bisa jadi pilihan tepat dan cocok banget nih buat Urbanreaders yang tertarik maupun ingin mendalami seni tradisional Indonesia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait