menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Yuk, Bikin Sendiri Masker Alami untuk Rambut Kering

Itha Prabandhani,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Yuk, Bikin Sendiri Masker Alami untuk Rambut Kering
Image: Bikin Sendiri Masker Alami (Freepik)

Jakarta - Rambut yang kering dan tampak kusam pastinya nggak sedap dipandang. Selain terlihat kurang sehat, rambut yang kering biasanya juga bercabang dan mudah patah.

Merawat masalah rambut yang satu ini, nggak perlu bahan-bahan yang mahal, kok. Kamu bisa memadukan bahan-bahan alami di rumah untuk membuat masker rambut sendiri, guys. Selain mudah dan murah, pastinya masker alami ini sangat bermanfaat buat mengembalikan kelembapan rambut kamu.

Yuk, cobain beberapa cara bikin masker rambut alami berikut ini!

1. Minyak Kelapa Murni

1609243883-minyak-kelapa.jpgSumber: Ilustrasi minyak kelapa (Freepik)

Minyak kelapa murni kaya akan berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala dan rambut kamu. Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) mengandung asam lemak yang tinggi dan mudah diserap oleh rambut, sehingga akan melembapkan dari akar hingga ujung rambut.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan : minyak kelapa murni (VCO) secukupnya.

Caranya : ambil VCO secukupnya di tangan lalu oleskan secara merata ke seluruh helai rambut. Oleskan juga di kulit kepala sambil dipijat-pijat, lalu biarkan selama 1-2 jam. Cuci bersih seperti biasa, lalu keringkan rambut kamu secara alami.

2. Madu dan Minyak Zaitun

1606957818-minyak-zaitun.jpgSumber: Ilustrasi minyak zaitun (Freepik)

Minyak zaitun kaya akan vitamin E, vitamin K, dan asam lemak. Semua bahan-bahan ini akan membantu melembapkan rambut dan membuatnya lebih sehat berkilau.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan : 4 sdm madu dan 6 sdm minyak zaitun

Caranya : campurkan kedua bahan tersebut lalu ratakan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Tutup kepalamu dengan plastik penutup dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Susu dan Madu

1610081887-madu-dan-susu.jpgSumber: Susu dan madu untuk masker rambut alami (Freepik)

Susu tak hanya bermanfaat buat kesehatan tubuh dan tulang, namun juga dapat merawat rambut agar lebih sehat. Kandungan kalsium, protein, vitamin, dan mineral di dalamnya, dapat melembabkan, melembutkan, sekaligus menghaluskan rambut kamu.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan : 200 ml susu dan 2 sdm madu.

Caranya : campurkan kedua bahan tersebut lalu aplikasikan terutama pada bagian rambut yang kering atau rusak. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas hingga bersih.

4. Alpukat, madu, dan minyak zaitun

1610081932-madu-dan-alpukat.jpgSumber: Madu dan alpukat untuk masker rambut alami (Freepik)

Alpukat kaya akan vitamin E dan vitamin B yang dapat memperkuat akar rambut dan melindunginya dari kerusakan. Alpukat juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan minyak alami, sehingga membuat rambut lebih lembut dan terjaga kelembapannya.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan : 1 buah alpukat matang, 1 sdm madu, dan 2 sdm minyak zaitun

Caranya : haluskan buah alpukat, lalu campurkan dengan madu dan minyak zaitun hingga seperti pasta. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala, lalu tutup kepala dengan plastik. Biarkan selama 20 menit sebelum dicuci bersih dengan shampo biasa.

5. Stroberi dan Kuning Telur

1610082007-stroberi-dan-kuning-telur.jpgSumber: Strawberry dan kuning telur (Freepik)

Kandungan ellagic acid dalam stroberi, akan melindungi rambut dari masalah kerontokan dan penipisan rambut. Selain itu, kuning telur juga kaya akan asam lemak, protein, dan lesitin, yang akan memperbaiki kondisi rambut yang kering dan mudah patah.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan : 200 gr stroberi, 1 kuning telur, dan 1 sdm minyak zaitun.

Caranya : campurkan semua bahan dengan blender, lalu aplikasikan ke rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan shampo.

Mudah kan, guys? Yuk, dicoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait