Jakarta - Seperti namanya, toxic people atau orang-orang yang membawa “racun” bagi hubungan sosialnya, akan membuat orang di sekitarnya merasa tidak nyaman. Orang-orang ini biasanya akan menghabiskan energi orang lain, menjadi orang yang sulit, dan selalu tidak bahagia dengan hidupnya.

Namun sayangnya, kita tidak selalu bisa menghindar dari mereka. Bisa jadi karena mereka teman terdekat kita, rekan kerja kita, pasangan, bahkan keluarga kita sendiri. Orang-orang ini biasanya memiliki standar etika, kebiasaan, dan nilai-nilai hidup yang berbeda, sehingga menjadi toxic atau “racun” buat diri kita.

Yuk, kenali tanda-tanda orang toxic berikut.

1. Narsis Abis

Orang toxic biasanya sangat self-centered atau berfokus pada dirinya sendiri. Pernah nggak, kamu nemuin orang yang selalu memotong pembicaraanmu hanya untuk menyatakan pendapatnya atau sekadar ingin mendominasi pembicaraan? Atau, orang yang terus menerus berbicara dan tidak memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyela? Nah, inilah salah satu tanda bahwa orang ini toxic. Mereka suka sekali mendapatkan perhatian orang, melihat orang mendengarkan dia, dan bahkan hanya mendengarkan suaranya sendiri. Dengan kata lain, narsis abis.

Baca Juga: 4 Cara Keluar dari Toxic Relationship

2. Selalu Mendominasi dan Mengontrol

Orang toxic ingin menguasai situasi dan menjadi in-charge untuk semua hal yang terjadi di sekitarnya. Mereka tidak akan dengan mudah menerima jika ada orang yang bersikap kontra. Bahkan, untuk hal sepele sekalipun seperti memilih tempat untuk makan siang. Jika ada orang lain yang berbeda pendapat, dia akan terus mencoba meyakinkan bahwa pendapatnyalah yang paling benar. Tak jarang, mereka akan ngomel berkepanjangan sampai akhirnya orang lain mengalah dan mengikuti maunya. Ngeselin nggak, sih?

3. Spiritual Vampire

Ada istilah “spiritual vampire” yaitu orang yang suka menyedot habis energi positif orang lain sehingga orang lain menjadi lelah secara emosi. Ada tipe orang yang terus menerus membuat cerita sedih, mengatakan hal-hal negatif, dan selalu pesimis dengan segala sesuatu. Dalam hubungan dengan orang lain, mereka tidak bisa melihat sisi positif dari semua hal dan mencoba menarik orang-orang di sekitarnya ke kutub negatifnya.

4. King atau Queen of Drama

Orang-orang toxic paling suka drama dan menjadikan segala permasalahan menjadi besar. Segala sesuatu pasti aja ada salahnya, nggak pernah bener. Kalaupun satu masalah udah selesai, dia mulai memunculkan lagi masalah baru. Mereka melakukan ini demi mendapatkan simpati dan perhatian dari orang di sekelilingnya. Mereka tidak pernah menerima nasihat. Apapun nasihat yang diberikan akan dimentahkan aja karena mereka nggak butuh itu. Yang mereka butuhkan adalah fokus yang terus menerus ke arah mereka. Orang-orang ini juga raja dan ratu komplen banget.

Baca Juga: Tanda Si Dia Sudah Malas Jalani Hubungan Denganmu

5. Penuh Dengan Iri dan Dengki

Melihat orang lain senang atau sukses adalah hal yang sangat menyiksa mereka. Karena itu, jika melihat ada teman atau orang terdekatnya sukses, mereka akan berkomentar negatif seperti “Ah, palingan juga Bapaknya yang bantuin dia dapat promosi,” atau “Kelihatannya aja dia bahagia, padahal suaminya nggak bener, lho” atau sederet komentar-komentar lain yang menjatuhkan. Mereka juga senang sekali bergosip dan kejelekan orang lain adalah bahan gosipan yang paling menyenangkan buat mereka. Duh!

6. Lebay

Orang-orang toxic tidak hanya pandai berbohong tapi juga lebay dalam menceritakan segala sesuatu. Kejujuran menjadi hal yang sangat sulit untuk mereka ungkapkan. Orang-orang toxic akan melebih-lebihkan segala sesuatu dengan tujuan mendapatkan perhatian yang lebih. Capek nggak, sih?

7. Bulldozer Berjalan

Orang-orang toxic ibaratnya seperti bulldozer berjalan yang akan menghancurkan apapun yang dilewatinya. Mereka tidak akan mempedulikan kondisi dan perasaan orang lain. Yang penting adalah dirinya sendiri di atas segala-galanya. Mereka juga sering merasa sebagai orang yang paling cerdas sehingga menyepelekan orang lain.

Kita juga perlu introspeksi diri lho, guys. Jangan sampai melakukan hal-hal tersebut kalau kamu nggak mau dianggap jadi orang toxic.

Komentar
paper plane