beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis
Image: Ilustrasi stretch mark. (Freepik/user23674593)

Jakarta - Selain jerawat, ada juga nih masalah kulit yang bikin cewek nggak pede. Itu adalah stretch mark. Gimana ya cara menghilangkan stretch mark? Harus pakai produk penghilang stretch mark seperti apa? Yuk, kita bahas cara menghilangkan stretch mark secara alami dan medis di sini!

Apa Itu Stretch Mark?

Sebelum masuk ke cara menghilangkan stretch mark, kamu tahu nggak apa itu stretch mark? 

Melansir National Center for Biotechnology Information, stretch mark atau striae adalah lekukan atrofi linier pada kulit yang terbentuk di area kerusakan dermal yang dihasilkan oleh peregangan kulit. Umumnya garis seperti parut ini muncul di berbagai bagian tubuh, di antaranya perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas, juga pantat. 

Striae sering dikaitkan dengan berbagai keadaan fisiologis, termasuk pubertas, kehamilan, lonjakan pertumbuhan, penambahan berat badan yang cepat, atau penurunan berat badan dan obesitas. Maka dari itu striae adalah hal yang umum, siapa pun bisa mempunyainya, termasuk remaja.

Gejala Stretch Mark

Ada beberapa gejala stretch mark yang tampak oleh mata telanjang. Gejala stretch mark umumnya ditandai dengan munculnya garis seperti parut di area tubuh yang luas seperti perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas, juga pantat. Garis parut tersebut biasanya berwarna merah muda, merah, hitam, biru atau ungu. 

Penyebab dan Ciri-ciri Stretch Mark

Kalau tadi sudah disinggung mengenai gejalanya, kini yang perlu diketahui adalah penyebab dan ciri-ciri stretch mark. Stretch mark disebabkan oleh peregangan kulit di area tertentu, seperti perut, paha, pinggul, sampai pantat. Namun ukurannya bisa berbed-beda bagi setiap orang lantaran dipengaruhi berbagai faktor, seperti kadar hormon kortison, genetik, sampai tingkat stres. Adapun ciri-ciri stretch mark adalah sebagai berikut:

  •  Tampak lekukan berjajar atau garis yang muncul di kulit.
  • Warnanya bervariasi antara merah muda, merah, hitam, biru atau ungu.
  • Garis-garis terang yang memudar menjadi warna yang lebih terang.
  • Garis-garisnya muncul kebanyakan pada area perut, payudara, pinggul, pantat, atau paha.
  • Garis-garis parut menutupi area tubuh yang cukup luas.
Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait