beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

10 Desa Wisata di Kawasan Pariwisata Danau Toba Jadi Proyek Percontohan       

Anita F. Nasution,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Desa Wisata di Kawasan Pariwisata Danau Toba Jadi Proyek Percontohan       
Image: Danau Toba Center

Medan - Proyek pembangunan10 desa wisata di kawasan destinasi pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara secara resmi sudah dimulai oleh pemerintah lewat acara simbolis peletakan batu pertama (groundbreaking) toilet wisata dan pengelolaan persampahan nih, Urbanreaders. 
 
Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo menjelaskan bahwa ke-10 desa wisata di Danau Toba tersebut akan menjadi pilot project atau proyek percontohan. 


 "Jadi tadi ada groundbreaking pengembangan desa wisata yang ditandai dengan groundbreaking toilet wisata yang dapat CSR Pertamina dan juga pengelolaan persampahan dari Pegadaian," ujar Arie pada Jumat, 10 Juli 2020.
 
Ke -10 desa wisata yang masuk dalam proyek percontohan tersebut  dipilih berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki serta berbasis komunitas. 
 
Nah, Ke-10 desa tersebut terletak di beberapa Kabupaten yang berbeda yakni di Kabupaten Humbang Hasundutan sebanyak 3 desa, Kabupaten Toba di 4 desa dan Kabupaten Tapanuli Utara  dengan 3 desa wisata. 
 
Tidak hanya melakukan peletakan batu pertama, pada acara tersebut juga dilakukan oenyerahan santunan atas lahan otoritatif Danau Toba. 

Dimana pemerintah memberikan uanh kerohiman senilai Rp. 26 miliar bagi seluruh masyarakat yang terdampak proyek pengembanhan pariwisata di kawasan tersebut. 
 
Pengembangan desa pariwisata di atas lahan seluas 279 hektar tersebut dihadiri langsung oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait