beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

10 Manfaat Akuntansi Bagi Perkembangan Perusahaan

Ardha Franstiya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Manfaat Akuntansi Bagi Perkembangan Perusahaan
Image: Ilustrasi akuntansi. (Freepik/katemangostar)

Jakarta - Akuntasi berkaitan erat dengan laporan keuangan sebuah perusahaan yang memungkinkan investor bisa menilai keuntungan atau kerugian yang didapat. Selain itu, masih ada loh manfaat akuntansi lainnya bagi pemilik perusahaan. Yuk, kita cari tahu pengertian akuntansi, fungsi akuntansi, sampai manfaat akuntansi bagi pemilik usaha di bawah ini!

Pengertian Akuntansi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, pengertian akuntansi adalah (1) teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya, (2) hal yang berhubungan dengan akuntan, dan (3) seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Sejumlah ahli turut memberikan definisi terkait pengertian akutansi versi mereka. Berikut pengertian akuntansi menurut para ahli:

1. S. Munawir (2005)

Akuntansi adalah sebuah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan terhadap sebuah peristiwa yang setidak-tidaknya sebagian sifatnya keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, dan juga penafsiran yang timbul dari padanya.

2. Paul Gray

Akuntansi adalah bagian tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, menulis ikhtisar, menganalisa, dan juga menginterpretasi semua transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas accounting dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

3. Winarno (2006)

Akuntansi adalah sebuah proses pencatatan transaksi keuangan dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi terhadap pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

4. Soemarsono S.R (2004)

Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan juga melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Fungsi Akuntansi

Ada beberapa fungsi akuntansi bagi sebuah bisnis, yaitu sebagai berikut:

•  Melacak pengeluaran dan pemasukan perusahaan.
•  Menentukan laba rugi perusahaan.
•  Sebagai informasi keuangan perusahaan.
•  Menjaga dan melindungi aset perusahaan dari penipuan internal dan eksternal.
•  Mengatur anggaran perusahaan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait