Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2021

Elga Nurmutia,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2021
Image: Negara Swiss. (Unsplash/Ricardo Gomez Angel)

Jakarta - Ketika membicarakan negara terkaya di dunia, mungkin kita sempat terpikir bahwa negara tersebut adalah Amerika atau Cina. Namun, ada juga sejumlah orang yang berpikiran negara terkaya itu Jepang. 

Ketika melihat negara terkaya dengan mengukur produk domestik bruto atau disebut PDB, memang tiga negara itu memiliki peringkat atas secara global. Namun, ternyata ada faktor lain yang menentukan kayanya suatu negara loh. Mana saja ya yang masuk daftar negara terkaya di dunia tahun 2021?

Kali ini, Urbanasia sudah merangkum 10 negara terkaya di dunia tahun 2021 dari berbagai sumber, Jumat (24/9/2021), sebagai berikut.

1. Luksemburg

Jika dilihat dari pendapatan perkapita negara terkaya di dunia ini diduduki oleh Luksemburg. Negara kecil yang merupakan landlock yang dikelilingi oleh Perancis, Jerman dan juga Belgia. Kini, negara tersebut menjadi salah satu pusat keuangan paling penting di dunia.

Awalnya, ketika awal abad ke-20, ekonomi negara tersebut sebagian besar bergantung di industri baja. Lalu mereka juga melakukan sejumlah upaya, salah satunya negara ini memiliki fokus untuk industri barang-barang mewah serta memiliki kualitas tinggi dan juga sektor jasa keuangan.

Sementara itu, dengan penduduk yang jumlahnya sedikit, yaitu hanya sekitar 613.000 orang, pendapatan per kapitanya pun meraih pada angka 131.781 dollar AS setara dengan Rp 1,89 miliar per tahun. Lalu, jumlah PDB dan pendapatan per kapita tersebut didasarkan dari data yang dirilis oleh IMF per April 2021 menggunakan acuan mata uang dollar AS. 

2. Swiss

Rupanya, negara paling kaya kedua ini adalah Swiss. Swiss ini merupakan salah satu negara yang miskin akan sumber daya alam. Sementara itu, negara tersebut memiliki PDB per kapita paling tinggi kedua di dunia dan masuk ke dalam negara dengan kekuatan ekonomi yang besar di peringkat 18.

Kemudian, jasa merupakan sektor yang mendominasi dalam perekonomian Swiss dengan kisaran 74 persen. Selain itu, industrinya menyumbang 25 persen. 

Negara ini juga didominasi pegunungan dan sejumlah lokasi lebih sering terkena salju. Maka, mereka melakukan impor untuk bahan pangan. Alamnya yang begitu indah, kontribusi ekonominya begitu besar dari pariwisata. 

Bukan hanya itu, rupanya ekonomi negara yang satu ini diperkirakan akan tumbuh sebanyak 3,5 persen di tahun 2021 dan diproyeksikan juga mencatat pendapatan per kapita lebih dari 100.000 dollar AS di tahun 2023.

3. Irlandia 

Irlandia ini memiliki PDB per kapita sejumlah 79.668,50 dolar AS dan jika diubah ke rupiah menjadi sekitar Rp1,13 miliar.  Negara yang satu ini memiliki sumber daya alam, misalnya pertanian, perikanan, kehutanan, bahkan pertambangan dan mereka juga ada sektor farmasi sebagai kontributor bagi ekonomi Irlandia. 

4. Norwegia 

Norwegia ini memiliki PDB per kapita sejumlah 67.988,59 dolar AS, jika dirupiahkan senilai Rp967,3 juta. Industri besar yang dimiliki oleh negara tersebut, yakni minyak serta gas bumi. Bukan hanya itu, adapun tenaga air, dan juga makanan dari laut.

5. Amerika Serikat 

Amerika Serikat ini PDB per kapita meraih pada angka 63.051,40 dolar AS atau  jika dirupiahkan setara dengan Rp897,1 juta. Industri paling atas dari negara tersebut adalah real estat, perawatan kesehatan, dan juga teknologi. 

6. Singapura 

PDB per kapita dari Singapura ini sejumlah 58.483,96 dolar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp832,1 juta.  Jasa dalam meningkatkan perekonomiannya adalah jasa keuangan, minyak dan gas, serta manufaktur. 

7. Denmark 

PDB per kapita dari negara Denmark ini sejumlah 58.438,85 dolar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp828,6 juta. Hal yang menopang ekonominya, adalah industri jasa, perdagangan, dan juga manufaktur. 

8. Islandia 

PDB per kapita Islandia sejumlah 57.189,03 dolar AS atau setara rupiah sekitar Rp813,66 juta. Sektor paling atas dari negara ini adalah jasa, manufaktur, konstruksi dan juga utilitas. 

9. Qatar 

PDB per kapita Qatar sejumlah 52.751,11 dolar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp750,5 juta. Ekonominya berjalan dari minyak dan juga gas alam. Sementara itu, untuk sektor nonmigas, seperti manufaktur, konstruksi, dan juga jasa keuangan. 

10. Australia 

PDB per kapita Australia sejumlah 51.885,47 dolar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp738,2 juta. Sektor jasa dari Australia ini adalah pariwisata, pendidikan, dan juga jasa keuangan. Bahkan, tambang merupakan penggerak utama bagi ekonomi Australia.

Nah itu dia 10 negara terkaya di dunia tahun 2021. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait