Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

10 Pekerjaan Ini Diprediksi Jadi Favorit di Seluruh Dunia pada 2025

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Pekerjaan Ini Diprediksi Jadi Favorit di Seluruh Dunia pada 2025
Image: ilustrasi wawancara lamaran kerja (Freepik/pressfoto)

Jakarta - World Economic Forum (WEF) baru saja merilis laporan bertajuk The Future Jobs. Dalam laporan tersebut, berisi prediksi 10 pekerjaan yang akan menjadi favorit di seluruh dunia pada tahun 2025 mendatang.

Dari penelitian tersebut, bisa menjadi pelajaran bagi Urbanreaders untuk mempersiapkan diri bagaimana beradaptasi dengan lingkungan kerja di masa depan atau pun memilih program studi di perguruan tinggi.

WEF menyebut, selama lima tahun mendatang, diprediksi ada beberapa jurusan yang terancam tidak dibutuhkan oleh lingkungan kerja, alasannya pun tergerus zaman.

Berikut daftar lengkap 10 pekerjaan yang diprediksi akan naik daun di dunia, termasuk di Indonesia pada lima tahun mendatang:

1. Data Analysts and Scientists

Pekerjaan dari profesi ini adalah mengumpulkan dan menganalisis data, mengumpulkan ide-ide yang dapat ditindaklanjuti, dan membagikannya kepada perusahaan.

2. AI and Machine Learning Specialists

Profesi ini memprogram mesin atau komputer yang dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti yang dilakukan manusia, bahkan lebih baik dari hasil pekerjaan manusia. Beberapa tahun mendatang, hampir seluruh pekerjaan akan diambil alih oleh AI and Machine Learning Specialists.

3. Spesialis Big Data

Gambaran profesi ini difokuskan untuk memproses data yang volumenya sangat besar dan tumbuh secara eksponensial seiring berjalannya waktu.

4. Spesialis Digital Marketing and Strategy

Sedangkan gambaran profesi digital marketing dan strategi spesialis ini menyusun dan menjalankan strategi penjualan secara digital.

5. Spesialis Process Automation

Nantinya, pekerjaan ini akan menggunakan teknologi untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang berulang dan bisa menggantikan pekerjaan manual.

6. Spesialis Business Development 

Nah, profesi ini fokus untuk mencari strategi agar bisnis perusahaan dapat terus tumbuh dalam jangka panjang.

7. Spesialis Transformasi Digital

Gambaran pekerjaan ini adalah menerapkan teknologi yang ada dan akan datang untuk membuat perusahaan semakin berkembang dan kompetitif.

8. Information Security Analyst

Gambaran pekerjaan ini adaah bertugas memantau dan melindungi data dan informasi penting perusahaan dengan menggunakan perangkat lunak, seperti firewall dan program enskripsi data.

9. Software and Application Developer

Penggunaan teknologi seperti gadget, laptop dan smartphone telah menjadi kebutuhan utama bagi manusia masa kini. Tak heran, jika kebutuhan lulusan yang ahli untuk mengembangkan perangkat lunak semakin dibutuhkan.

10. Internet of Things Specialist

Profesi terakhir yang direncanakan naik daun lima taun mendatang adalah spesialis internet yang merancang dan membuat alat-alat yang terkoneksi dan beroperasi dengan jaringan internet. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait