beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

10 Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Annisa Tiara Jelita,
12 November 2022 19.05.37 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan
Image: istimewa

Jakarta - Mempunyai hobi mendaki gunung, namun musim hujan sedang deras-derasnya? Tidak perlu khawatir, kamu tetap akan bisa menjalankan hobi mu itu hanya dengan menyimak beberapa tips agar aktivitas mendaki gunung tetap aman, nyaman dan menyenangkan.

1. Patikan suhu tubuh normal

1595753597-suhu-di-Dieng.jpegSuhu yang terukur di dataran tinggi Dieng mencapai minus 3 derajat. (Twitter @alexjourneyID)

Sebelum hari H perjalanan, pastikan kamu sehat dan tidak sakit. Jika kamu kurang sehat, sebaiknya beristirahat dahulu sampai kamu sembuh total. Jika tika kamu akan semakin sakit akibat hujan-hujanan. Mendaki gunung dengan cuaca hujan lebih melelahkan dibanding saat cuaca normal loh.

2. Cek perkiraan cuaca menurut BMKG

BMKG.jpgIlustrasi. (Dok. BMKG)

Sebelum mendaki, hendaknya melihat perkiraan cuaca sesuai dengan waktu ketika kalian ingin pergi. Pastikan kalian selalu memantau agar tidak terkejut dengan cuaca yang akan terjadi di lokasi. Jika cuaca terpantau bersahabat, silahkan lanjutkan perjalanan. Jika terlihat ekstrim, sebaiknya undur waktu perjalanan.

3. Pilih jalur termudah

1597152242-PendakianGunungSindoro.jpgJalur pendakian Gunung Sindoro. (Perpustakaan Provinsi Jateng)

Pilihlah jalur oendakian yang paling mudah dilalui. Ketika hujan turun, hindari jalur yang tidak terlalu becek dan licin.

4. Pilih peralatan mendaki

1647939378-Cek-cuaca-lokasi-pendakian-(Freepikjcomp).jpegIlustrasi mendaki (Freepik/jcomp)

Pilih dan bawa peralatan mendaki yang diperlukan saja. Jangan lupa untuk mengecek kondisi setiap peralatan seperti jas hujan, trekking pole, tenda dan sebagainya.

5. Bawa pakaian ganti lebih banyak dari biasanya

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait