beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

3 Cara Cerdas Buat Lilin Tahan Lama

Suci Nabila Azzahra,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Cara Cerdas Buat Lilin Tahan Lama
Image: Freepik

Jakarta - Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak sapi yang banyak mengandung asam stearat. 

Ritual menyalakan lilin sudah dilakukan sejak lama ketika sedang mati lampu. Namun, pada era sekarang ini lilin juga digunakan untuk mendorong relaksasi, yakni dengan lilin aroma terapi. 
 
Daya tahan nyala lilin tergantung dari besaran api, sehingga banyak yang menaruh lilin jauh dari jendela agar tahan lama. Alangkah baiknya jika kita bisa menyalakan lilin dan tidak perlu khawatir lilin meleleh. Ini tentu menguntungkan secara finansial. 

Sebab jika lilin mudah meleleh, maka kamu membutuhkan lebih banyak uang untuk membeli lilin. Ternyata lilin dapat kita awatkan supaya nyala api menjadi lebih tahan lama dengan beberapa tambahan bahan tertentu.  

Lalu gimana sih cara biar lilin lebih tahan lama? Berikut ada beberapa cara membuat lilin lebih tahan lama dan tidak mudah meleleh.

1. Tempatkan lilin di lemari pendingin atau freezer 

Cara ini akan membantu meningkatkan umur lilin dalam jangka panjang. Pada dasarnya, menempatkan lilin di dalam lemari pendingin atau freezer menyebabkan lilin meleleh lebih lambat. Semakin tipis lilin, semakin sedikit waktu yang dihabiskan di dalam freezer. 

Lilin yang lebih tebal mungkin membutuhkan antara enam hingga delapan jam, sementara lilin yang tipis dan runcing mungkin hanya membutuhkan sekitar satu jam. 
 
2. Taburkan garam ke lilin cair  

Nyalakan lilin cukup lama untuk mengumpulkan sedikit kumpulan lilin di sekitar sumbu, lalu bersiaplah untuk bekerja dengan cepat. Ambil sedikit garam meja dan taburkan ke dalam lilin. 

Kamu dapat mencampur dengan tusuk gigi untuk menggabungkan secara menyeluruh. Mengapa garam meja? Ini akan memperlambat laju pencairan lilin, sehingga meningkatkan umur lilin favorit kamu. Jangan ragu menggabungkan kedua metode tersebut untuk meningkatkan masa pakai lilin. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait