menu
user
URguide

Cara Simpel Membuat Lilin Aroma Terapi Pengusir Nyamuk

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Simpel Membuat Lilin Aroma Terapi Pengusir Nyamuk
Image: Ilustrasi Lilin Aroma Terapi. (Foto: Pixabay/Thevibrantmachine)

Jakarta - Setelah lelah beraktivitas seharian penuh, biasanya tidur menjadi pilihan paling sempurna untuk membangkitkan kembali stamina. Tapi jika nyamuk bandel datang mengganggu, kualitas tidur pun akan ikut terganggu.

Kamu ingin kualitas tidurmu rileks dan nyenyak tanpa gangguan nyamuk? Lilin aroma terapi bisa menjadi jawabannya. 

Membuat lilin aroma terapi itu nggak susah loh cukup simple dan mudah. Kamu bisa tentukan sendiri warna dan aroma untuk lilinmu sesuai selera. Bahkan kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain di lilin untuk membantu mengusir nyamuk

Langsung aja, yuk! Berikut cara membuat lilin aroma terapi pengusir nyamuk. 

Alat dan Bahan

Praffin/ beeswax/ potongan lilin

Benang kasur

Minyak essensial/ aromaterapi

Pewarna/ krayon/ cat minyak

Pencil kecil

Kaleng bekas

Gelas kecil transparan

Tusuk satai, dengan ukuran lebih panjang dari diameter mulut gelas.

1614133786-Ilustrasi-Lilin.jpegSumber: Ilustrasi Parafin. (Foto: Pixabay/Hankan Erenler)

Bahan utama dalam pembuatan lilin aroma terapi yaitu parafin, parafin sendiri bisa kamu beli di toko kimia. Bahan dasar parafin paling cocok digunakan untuk membuat lilin aroma terapi, karena parafin dapat mudah mencair, murah dan lebih mudah untuk diwarnai dan diberi wangi-wangian.

Sedangkan  beeswax  memiliki kemampuan untuk menjernihkan udara.

Tapi, jika kamu merasa penggunaan parafin atau beeswax terlalu sulit dan menambah biaya, maka kamu hanya perlu menggantinya dengan potongan lilin putih yang biasa kamu gunakan ketika mati lampu.

Dalam membuat lilin aroma terapi, pemilihan zat pewarnanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Ini adalah langkah-langkah pembuatan lilin aromaterapi:

Cara Membuat

1. Didihkan air dalam panci

2. Lelehkan potongan lilin dengan cara memasukan kaleng bekas berisi potongan lilin ke dalam panci air. Jaga agar air tidak masuk dan bercampur dengan lilin yang sedang dicairkan.

3. Setelah lilin meleleh, tambahkan potongan crayon atau pewarna secukunya sesuai dengan selera, kemudian aduk menggunakan pengaduk kayu.

4. Siapkan gelas atau wadah khusus sebagai cetakan, agar benang kasur untuk sumbu lilin tegak dan berada di tengah, ikat di batang lidi dan posisikan di tengah gelas.

5. Setelah parafin, dan pewarna tercampur sempurna, masukkan minyak essensial sekitar 10 tetes lalu angkat kaleng dari panci.

6. Untuk membuat lilin aroma terapi yang bisa mengusir nyamuk, cukup ganti minyak essensial dengan parutan kulit jeruk atau sereh.

7.  Masukkan bahan ke cetakan gelas transparan. Tunggu hingga kering.

Nah Urbanreaders, mudah bukan untuk membuatnya. Kamu bisa buat sendiri lilin aroma terapi untuk mengusir nyamuk sesuai kreasimu dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait