beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

3 Cara Mengecas Motor Listrik yang Benar

Fitri Nursaniyah,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Cara Mengecas Motor Listrik yang Benar
Image: Ilustrasi motor listrik (Foto: Pinterest/Inc42)

Jakarta - Penggunaan motor listrik di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Kenaikan pengguna ini tentu harus diiringi dengan edukasi kepada pemilik motor listrik tentang bagaimana cara merawat kendaraan roda dua itu.

Salah satunya edukasi soal pengisian baterai. Seperti diketahui, motor listrik bergerak bukan karena bahan bakar minyak (BBM) tetapi karena daya baterai.

Lantas, bagaimana cara mengisi baterai motor listrik dengan benar? Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir dari motorcyclecruiser.

Isi baterai secukupnya

Jangan mengisi daya baterai lebih dari satu persepuluh ratingnya dalam amp. Jadi, baterai 20-amp tidak boleh diisi lebih dari 2 amp dalam 10 jam.

Pengisian daya baterai yang berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah, misalnya mendidihnya elektrolit, pelat melengkung karena baterai terlalu panas, dan paling ekstrem baterai bisa meledak.

Hindari isi baterai di tempat cas mobil

Memang, spot pengisi daya baterai tipe otomotif besar, seperti untuk mobil dan bus, bisa dengan cepat mengisi daya sepeda motor yang ukurannya lebih kecil. Tapi, jika tidak hati-hati mengisi baterai di sana mungkin akan menyebabkan masalah.

Namun jika kamu terpaksa mengisi baterai di tempat cas mobil, pastikan sisi positif pengisi daya dan baterai kamu sejajar.

Segera isi daya saat baterai mencapai 20 hingga 10 persen

Jika motor listrik dibiasakan baru diisi daya saat baterai nol persen, kemungkinan besar baterai akan cepat rusak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait