beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

4 Tips Menjaga Performa Baterai Motor Listrik agar Tetap Awet

Hanisa Sutoyo,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Menjaga Performa Baterai Motor Listrik agar Tetap Awet
Image: Ilustrasi motor listrik (Foto: Pinterest/Inc42)

Jakarta – Motor listrik saat ini tengah direkomendasikan kepada para pengendara karena sistemnya yang lebih ramah lingkungan.

Namun, sama seperti kendaraan lain, baterai pada motor listrik bisa dengan mudah mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan baik.

Maka dari itu, kamu memerlukan teknik khusus untuk merawat baterai pada motor listrik agar performanya tidak menurun dan tetap awet, terlebih baterai merupakan komponen paling utama pada jenis kendaraan ini. 

Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak tips berikut!

1. Rutin Melakukan Pengecasan

Sama seperti baterai pada umumnya, kamu perlu mengecek dan mengisi daya secara rutin untuk menjaga performanya. Gunakanlah charger standar sesuai dengan yang kamu dapat ketika membeli motor. 

Cara pengisian baterai ini dengan menyambungkan charger ke sumber energi listrik yang sudah banyak tersedia di tempat umum. Perhatikan daya saat pengisian berlangsung, sebab ketika sudah penuh, harus langsung kamu cabut.

1655110437-Pengecasan-motor-listrik.jpgSumber: Pengecasan motor listrik (Foto: Pinterest/Prokelara)

2. Jangan Biarkan Baterai Kosong

Baterai motor listrik yang benar-benar kosong dapat membuat kinerja motor kamu lebih cepat melemah dan akhirnya rusak.

Sama seperti motor pada umumnya, mesin akan mati bila bensin di tangki benar-benar habis. Maka dari itu, langsung lakukan pengecasan jika kamu melihat daya pada baterai motor menipis. Jangan biarkan motor kamu mudah mogok, ya, Urbanreaders!

3. Lakukan Pengecasan Minimal Sebulan Sekali

Sejumlah orang biasanya akan mengabaikan, bahkan lupa terhadap barang-barang yang jarang mereka pakai. Namun, hal ini jangan sampai terjadi pada motor listrik kamu, ya. 

Jika dalam kurun waktu 30 hari tidak digunakan, sebaiknya kamu tetap melakukan pengecasan pada motor, satu kali sebelum pemakaian. Cukup beberapa jam saja, tidak perlu terlalu lama. Hal ini dilakukan demi menjaga keawetan baterai. 

4. Matikan Saklar MCB

Saklar MCB (Miniature Circuit Breaker) merupakan salah satu komponen yang harus on ketika ingin menyalakan motor listrik. Namun perlu diingat, matikan saklar MCB terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian daya baterai. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi korsleting pada mesin motor listrik kamu. Selain itu, untuk menjaga keawetannya, matikan saklar MCB jika motor tidak digunakan dalam kurun waktu tiga hari. 

Itulah empat tips merawat baterai pada motor listrik agar performanya tetap terjaga.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait