beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

3 Cara Mudah Bikin Rak Pot Tanaman Sendiri di Rumah

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Cara Mudah Bikin Rak Pot Tanaman Sendiri di Rumah
Image: Ilustrasi - Rak tanaman di rumah. (freepik)

Jakarta - Banyak orang suka meletakkan tanaman hias di dalam rumah. Maka dari itu, kita akan butuh rak pot tanaman untuk meletakkan tanaman-tanaman ini di dalam rumah agar fungsinya sebagai dekorasi terlihat maksimal.

Sayangnya, rak pot tanaman yang dijual di toko atau market place kadang kurang bagus dan mahal. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan menggunakan papan kayu, kayu dowel, maupun batang-batang kayu sebagai bahan utamanya.

Sebenarnya cara membuatnya hanya butuh ketekunan dan waktu. Namun, ada juga proses yang lebih mudah dan tetap sesuai keinginan.

DIY Rak Pot Tanaman Berbahan Dasar Kayu

Untuk sebagian besar dari rak-rak pot ini, tuh, kamu memerlukan kayu, paku, lem kayu, dan gergaji. Pastikan kamu memilikinya dan selalu hati-hati saat bekerja.

1. Rak pot sederhana yang mirip bangku

1660831043-pot-tanaman-2.jpgIlustrasi - Rak pot sederhana mirip bangku. (Lily Ardor)

Alat dan Bahan

- 1 kayu dowel dengan ketebalan kira-kira 0,5m, (potong untuk kaki rak pot tanaman)

- 3 buah plat stainless model T ukuran 7x7cm

- Obeng mata minus

- Palu

- Mur ukuran panjang dan pendek

- Amplas kayu

- Spidol

- Pensil bangunan

- Potongan kayu bulat (bisa dibeli di marketplace)

Cara Pembuatan:

Pertama, hilangkan kulit kayu menggunakan obeng dan palu. Kalau kamu suka ada kulit kayunya, tidak usah dihilangkan semuanya. Hilangkan bagian-bagian yang runcing saja. Kemudian amplas bagian pinggir dan atas bawah dari potongan kayu.

Selanjutnya potong kayu dowel untuk kaki dari rak sepanjang yang kamu mau. Bikin 3 buah kaki, ya! Kemudian lubangi kaki dowel menggunakan bor selurus mungkin. Pasang dowel pertama pada T bagian tengah (tengah dari bagian atas T) dengan mur. Pastikan mur sudah terkunci rapat di dalam dowel. Ulangi untuk semua dowel dan plat T.

Lalu pasang T di tiga titik pada permukaan potongan kayu. Pastikan kalau mereka membentuk 3 titik kaki segitiga. Pasang dowel dekat dari pinggir potongan kayu. Kemudian bor sisa-sisa lubang di plat T, dan pasang mur-mur di situ. Jadi, deh!

2. Rak pot kayu simple

1660831057-pot-tanaman-1.jpgIlsutrasi - Rak pot kayu simpel (A beautiful mess)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait