Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

10 Tanaman Hias Hits Tahun 2021, Ada yang Harganya Jutaan

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Tanaman Hias Hits Tahun 2021, Ada yang Harganya Jutaan
Image: Ilustrasi tanaman hias. (Freepik)

Jakarta - Tanaman hias ngehits di tahun 2021 karena pandemi COVID-19. Semua orang beralih mengoleksi tanaman hias untuk mempercantik rumah atau mengurangi rasa stres. 

Beberapa jenis tanaman hias pun diburu banyak orang sehingga harganya melonjak, bahkan ada yang sampai jutaan.

Wah, tanaman apa saja itu? Berikut 10 tanaman hias hits tahun 2021 yang harganya mencapai jutaan.

1. Janda Bolong

1601026842-janda-bolong.jpgSumber: Tanaman Janda Bolong. (Pexels/Huy Phan)

Tanaman ini sebenarnya sudah hits sejak tahun lalu, namun popularitasnya masih bertahan kok sampai sekarang.

Monstera Adansonii Variegated atau yang akrab dikenal Janda Bolong adalah tanaman hias yang masuk dalam famili Monstera. Sesuai namanya, tanaman ini daunnya berlubang-lubang.

Buat kamu yang ingin punya satu pot tanaman ini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 100 juta tergantung jenis dan ukurannya. Biarpun kamu pengen beli daunnya saja nih, kamu tetap harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15 juta.

2. Monstera Obliqua

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HOM (@houseofmonstera)

Tanaman hias hits 2021 masih berasal dari famili Monstera nih, yakni Monstera Obliqua. Untuk harganya, tanaman hias ini dipatok kisaran puluhan juta rupiah.

Banyak yang mengira tanaman ini Janda Bolong, padahal mereka berbeda. Perbedaannya adalah bolongan di daun bentuknya lebih bulat dibanding Janda Bolong. Lalu obliqua punya sulur sementara Janda Bolong tidak punya sulur.

3. Rhaphidophora Tetrasperma

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by theimpatientplanter (@theimpatientplanter)

Tanaman hias yang hits lainnya adalah Rhaphidophora Tetrasperma atau yang diketahui juga dengan nama Mini Monstera. Padahal nih ya, tanaman satu ini bukan termasuk famili Monstera.

Rhaphidophora Tetrasperma sangat cocok untuk pemula karena tidak perlu terlalu sering disiram. Untuk harganya, tanaman hias ini cukup murah ya dibandingkan dua tanaman sebelumnya yakni sekitar Rp 400 ribuan sampai Rp 1,4 juta. 

4. Aglaonema Golden Hope

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alchemie (@titikhijau)

Tanaman yang punya daun berurat ini juga termasuk tanaman hias yang harganya mahal. 

Untuk yang ukurannya kecil berisi 3 daun, tanaman ini dibanderol Rp 5 juta. Sementara yang ukurannya besar dijual dengan kisaran harga Rp 30 juta.

Kenapa sih bisa mahal tanaman hias ini? Soalnya Aglaonema Golden Hope merupakan tanaman hasil persilangan dua varietas aglonema.

5. Philodendron Billietiae

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sophia Hsiao (@sophiahsiao)

Tanaman hits lainnya tahun ini yang terakhir adalah Philodendron Billietiae atau dalam bahasa Indonesia disebut Kabel Busi.

Tanaman ini daunnya bisa tumbuh sampai satu meter, guys. Jadi baiknya sih siapkan tempat yang luas ya untuk merawatnya. Dan karena bisa tumbuh besar, kamu butuh usaha lebih nih untuk merawat tanaman ini. Harga tanaman ini dibanderol mulai dari harga Rp 70 jutaan. Mahal ya, guys!

6. Fishbone Cactus

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 粒の植物日記 (@lili_plants_)

Tanaman yang berasal dari Meksiko ini punya bentuk daun unik yang sesuai namanya, yakni batangnya pipih dan panjang seperti tulang ikan.

Buat pemula tanaman hias satu ini cocok banget karena nggak ribet perawatannya. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai Rp 500 ribuan.

7. African Milk Tree

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yasmin (@theurbanplantdiaries)

Masih dari famili kaktus, tanaman hias yang tengah digemari adalah African Milk Tree. Tanaman yang berasal dari Afrika ini tidak butuh banyak usaha untuk merawatnya.

Tanaman tersebut tahan di cuaca kering dan bisa tumbuh dengan cepat. Untuk harganya, African Milk Tree mulai dari puluhan ribu hingga Rp 1 jutaan tergantung ukurannya.

8. Blue Star Fern

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by The Plant Parlor (@theplantparlor)

Blue Star Fern atau Pakis Bintang Biru adalah tanaman hias yang ngehits tahun ini. Perawatannya mirip dengan Fishbone cactus, yaitu diletakkan di ruangan yang tingkat kelembapannya tinggi.

Untuk harganya, kalau mencari di online shop dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 20 ribuan di online shop.

9. Velvet Calathea

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by The Potted Earth Co. (@thepottedearthco)

Tanaman satu ini juga jadi hits tahun ini karena warnanya yang estetik, yakni warna hijau di bagian atas dan warna ungu di bagian bawah.

Perawatan tanaman ini mudah kok. Kamu hanya perlu menjaga agar tanah Velvet Calathea tetap lembap. Harga tanaman ini kalau kamu cari di online shop dibanderol puluhan ribu sampai kisaran Rp 400 ribuan.

10. Philodendron Pink Princess

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ЦВЕТЫ 🌸 РАСТЕНИЯ 🌱 УЮТ ✨ (@garden_anna_)

Tanaman hias hits yang terakhir adalah Philodendron Pink Princess. Warnanya yang cantik jadi alasan utama tanaman ini jadi koleksi.

Karena warnanya yang indah, Philodendron Pink Princess dibanderol dengan harga cukup mahal mulai dari jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah. Kemahalannya ditentukan dari kombinasi warna daun dalam satu pot. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait