beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

3 Fakta Kerusuhan di Babarsari, Dipicu Penyerangan Salah Sasaran

Nivita Saldyni,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Fakta Kerusuhan di Babarsari, Dipicu Penyerangan Salah Sasaran
Image: Potret kerusuhan di Babarsari, Yogyakarta. (Instagram/MerapiUncover)

Jakarta - Sejumlah ruko di kawasan Babarsari, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi sasaran amukan massa pada Senin (4/7/2022). Kericuhan itu diduga buntut dari pertikaian antara dua kelompok pada Jumat (1/7/2022).

Berikut tiga fakta yang, telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber terkait kerusuhan Babarsari, Senin (4/7/2022):

Dipicu Pertikaian AMKEI dan Melanesia

Kerusuhan ini diduga buntut dari pertikaian antara kelompok Angkatan Muda Kei (AMKEI) dan Melanesia. Keduanya bentrok sebagai buntut dari penyerangan salah sasaran pada 1 Juli 2022 dini hari di sebuah tempat karaoke kawasan tersebut. 

Dilansir dari akun Twitter @txtfromjogja, massa yang turun diduga berasal dari Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMA).

Dalam rilis resminya, IPMA menyebut ada satu korban salah sasaran akibat penyerangan itu. Korban atas nama Dibrilian yang merupakan mahasiswa asal Timika itu mengalami luka di bagian tangan kanan dan kirinya yang membuatnya cacat permanen. 

Nah untuk mencari keadilan dan mendesak agar pihak kepolisian menangkap pelaku, IPMA pun menggelar aksi di Polda DIY pada hari ini, Senin (4/7/2022).

Namun ternyata aksi mereka tak berhenti di Polda DIY. Mereka melanjutkan aksinya dengan turun ke kawasan Babarsari sambil membawa senjata tajam hingga membuat jalanan sempat ditutup sementara demi keamanan warga.

Puncak kericuhan ini, massa melakukan perusakan sejumlah bangunan. Mereka juga membakar sejumlah unit sepeda motor.

6 Motor Dibakar dan Rusak Ruko

1656930678-20220704-163519-(1).jpgSumber: Kondisi salah satu ruko yang jadi sasaran kericuhan di Babarsari, Senin (4/7/2022). (Twitter/Damkarjogja113)

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan korban jiwa dalam kericuhan ini. Sementara itu, Komandan Regu 4 Damkar Sleman, Bayu Ibrahim Aji mengatakan, ada sebuah outlet dan ruko yang dirusak massa dalam insiden ini.

Bahkan ada motor yang dibakar. Aksi bakar motor itu dilakukan massa di ruang pertemuan dan di tengah jalan.

"Ada enam sepeda motor terbakar,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (04/07/2022).

Ditangani Pihak Kepolisian

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait