Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

3 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan
Image: Ilustrasi tidur siang. (manbob86/Pixabay)

Jakarta - Dalam survei Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat pada 2017, dua pertiga responden mengatakan mereka merasa lelah di tempat kerja. Lima puluh tiga persen merasa kurang produktif, dan 44 persen mengalami kesulitan fokus.

Kondisi tersebut diperparah dengan kebijakan bekerja dari rumah selama pandemi yang mengacaukan jam tidur. Oleh karena itu, tidur siang dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang dialami. Berikut merupakan beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan yang dilansir dari Healthline.

1. Membuat Lebih Konsentrasi

1611041253-ilustrasi-tidur-riliv.jpgIlustrasi tidur siang. (Andrea Piacquadio/Pexels)

Tidur siang ternyata bisa membuat kamu lebih waspada dan konsentrasi. Riset menunjukkan bahwa dengan melakukan tidur siang dapat mengurangi tingkat adenosin di otak. Adenosin adalah neurotransmitter yang mendorong tidur dan berperan dalam kognisi. Setelah tidur siang, otak akan berfungsi lebih optimal.

2. Meningkatkan Daya Ingat

1614224206-susah-tidur-pixabay-by-Ivan-Samkov.jpegIlustrasi tidur siang. (Pixabay/Ivan Samkov)

Selanjutnya, tidur siang dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Apabila setelah mempelajari sesuatu kamu menyempatkan tidur siang, maka hal ini dapat membantu kamu dalam menyimpan informasi.

Dalam sebuah studi pada 2019, para peneliti membagi 84 mahasiswa sarjana menjadi tiga kelompok. Semuanya menghabiskan waktu 90 menit untuk mempelajari spesies kepiting.

Kemudian, satu kelompok tidur siang selama satu jam, kelompok kedua menghabiskan satu jam lagi untuk belajar, dan kelompok terakhir menonton film selama satu jam.

Setelah mengambil istirahat 30 menit, mereka mengikuti tes pertama tentang apa yang mereka pelajari dan mengikuti tes kedua seminggu kemudian.

Hasilnya, Kelompok yang tidur siang dan belajar tampil lebih baik daripada kelompok film pada tes pertama. Sedangkan pada tes kedua, kelompok tidur siang unggul dari dua kelompok lainnya.

Penelitian lain menemukan bahwa tidur siang dapat membantu pembelajaran persepsi, yaitu mampu membedakan antara berbagai rangsangan. Serta memori episodik, yaitu mengingat peristiwa atau pengalaman tertentu.

3. Menambah Kekebalan Tubuh

1610073721-tidur-berkualitas.jpgIlustrasi bangun tidur. (Pixabay)

Apabila kamu melakukan tidur siang secara teratur, hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi di masa pandemi, imunitas merupakan hal penting bagi setiap orang.

“Kurang tidur menyebabkan defisiensi imun. Hal tersebut bisa diatasi dengan tidur siang rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan dan fungsi seluler,” kata dr. Natasha Fuksina.

Perlu diketahui, tidur siang juga dapat membantu mengurangi kadar sitokin inflamasi, norepinefrin, dan bahan kimia. Sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait