Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

3 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Alwin Jalliyani,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan
Image: Ilustrasi mobil. (Pixabay/3844328)

Jakarta - Apabila Urbanreaders mengalami mobil bergetar saat AC dinyalakan, kamu tidak perlu merasa khawatir. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi.

Dengan mengenali pemicunya, kamu lebih mudah menangani permasalahan yang terjadi secara tepat. Berikut merupakan penyebab mesin mobil bergetar ketika AC dinyalakan versi Auto 2000.

1. Masalah Sistem Idle Up

1601971777-Ac-mobil.jpgIlustrasi AC mobil

Mesin mobil yang bergetar saat AC hidup merupakan pertanda kerusakan sistem idle up. Penyebab yang biasa terjadi karena RPM terlalu rendah. Namun, jika AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat kinerjanya bertambah berat. Sehingga memaksa kerja kompresor AC menjadi kurang maksimal.

Masalah sistem idle up dapat diselesaikan dengan mematikan AC mobil. Namun, suhu mobil sudah akan menjadi panas. Oleh karena itu, segera cek sistem sensor dan aktuator. Apabila kinerjanya buruk, sebaiknya segera ganti yang baru. Dengan begitu, mesin mobil tidak akan bergetar saat AC dinyalakan.

2. Bearing AC Mobil Rusak

1632370734-ac-mobil.jpgIlustrasi kabin mobil. (Pixabay/ninofficialphotography)

Penyebab selanjutnya karena masalah pada bearing AC mobil yang rusak. Komponen bearing atau pulley yang rusak membuat putaran kompresor AC tersendat. Jika sudah tersendat akan mengakibatkan getaran pada mesin mobil.

Sebaiknya kamu segera memperbaiki bearing karena yang rusak, jika dibiarkan terus menerus, komponen timing belt berpotensi ikut rusak. Kalau sampai begitu, lebih banyak lagi masalah yang harus diselesaikan. Sebaiknya pelajari ciri-ciri kompresor AC mobil yang kurang oli untuk pencegahan.

3. Sistem AC Mobil Buntu

1632370825-kabin-mobil.jpgIlustrasi kabin mobil. (Pixabay/MikesPhotography)

Terakhir, biasanya kondisi ini terjadi karena frosting pada bagian saluran AC mobil. Frosting adalah pembekuan freon yang membuat alirannya terhambat. Padahal, sistem freon harus memiliki aliran yang jelas dan tidak ada rintangan supaya dapat mendinginkan suhu mobil.  

Sistem freon pada AC mobil sama dengan pendingin ruangan di rumah. Aliran udara yang baik diperlukan oleh sistem AC, oleh karena itu bagian kondensor selalu ditempatkan di luar. Perlu dipastikan bahwa tidak ada sistem AC yang buntu. Apabila alirannya terhambat, mesin mobil akan menimbulkan getar saat AC dinyalakan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait