beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

3 Stasiun yang Terkenal Angker, Ada Rombongan Berwajah Pucat Korban Kecelakaan 

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Stasiun yang Terkenal Angker, Ada Rombongan Berwajah Pucat Korban Kecelakaan 
Image: Ilustrasi stasiun. (Pinterest/radhityawiratama)

Jakarta - Stasiun kereta api di Indonesia identik dengan bangunan tua yang sebagaian di antaranya adalah peninggalan masa penjajahan, hal ini tentunya memiliki kesan estetik.

Namun siapa sangka, di balik kesan estetika bangunan stasiun tua di Indonesia, ternyata juga memiliki kisah mistis yang bisa membuat bulu kudukmu merinding loh Urbanreaders!

Nah, berikut tiga stasiun di Indonesia yang terkenal angker yang dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2022).

1. Stasiun Poncol, Semarang

Stasiun kereta api besar yang terletak di Purwosari, Semarang Utara, Kota Semarang ini memang dikenal dengan keangkerannya. Stasiun ini peninggalan Belanda, yang desain bangunannya dirancang oleh Henri Maclaine Pont.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, makhlus halus yang ada di stasiun ini sering menampakkan diri dalam wujud wanita berjubah putih. Selain itu, ada pula penampakan dalam wujud anak kecil yang bermain-main di area stasiun.

Kisah mistis di Stasiun Poncol salah satunya seperti yang diceritakan oleh pasangan suami istri yang sedang berboncengan dan melintas di dekat stasiun. Mereka mengaku melihat ada rombongan penumpangan berbaju putih yang melintas di jalur kereta. 

Menurut pengakuan pasutri itu, rombongan berbaju putih itu tampak berwajah pucat. Kemudian, pasutri ini bertanya kepada tukang becak yang sering ‘mangkal’ di Stasiun Poncol. 

Namun, si tukang becak itu tampak tidak terkejut. Menurutnya, rombongan itu sudah sering menampakkan diri. Konon, mereka adalah korban kecelakaan kereta di masa lampau.

2. Stasiun Kota Lama, Malang

Stasiun Malang Kotalama (MLK) mulai beroperasi sejak tahun 1896. Stasiun ini berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono, Ciptomulyo, Sukun, Malang, Jawa Timur. 

Kisah mistis paling terkenal di stasiun ini terkait dengan salah satu WC atau kamar mandi umum yang ada di sana. Berdasarkan pengakuan masyarakat, sering terdengar suara rintihan dari sini. 

Konon, suara rintihan itu berkaitan dengan kecelakaan maut yang terjadi pada medio 1981. Saat itu terjadi kecelakaan antara bus dan kereta yang menewaskan puluhan orang. 

Berdasarkan keterangan yang beredar, WC atau kamar mandi umum itu dijadikan tempat untuk mengevakuasi para korban kecelakaan tersebut. Sehingga, suara-suara rintihan dari tempat itu diyakini merupakan korban kecelakaan yang pernah terjadi tersebut.

Tak hanya suara rintihan, orang-orang yang ada di sekitar stasiun ini juga kerap mendengar suara laju kereta api ketika tabrakan.

3. Stasiun Sedayu Bantul, Yogyakarta

Kendati sudah tidak beroperasi lagi, Stasiun Sedayu menyimpan kisah mistis yang masih dipercaya dan dituturkan masyarakat dari mulut ke mulut. 

Stasiun Sedayu Bantul termasuk stasiun kereta api kelas III atau kecil yang berlokasi di Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Stasiun ini termasuk yang dihancurkan pejuang saat terjadi Agresi Militer Belanda.

Salah satu kisah yang terkenal dari Stasiun Sedayu Bantul ini adalah adanya pengumuman keberangkatan atau kedatangan kereta. Hal ini menang aneh, mengingat stasiun ini sudah tidak aktif. Selain itu, pengumuman itu juga diumumkan dengan Bahasa Belanda. 

Nah itu lah tiga stasiun yang terkenal angker di Indonesia, bagaimana menurut kalian guys?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait