beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

4 Cara Atasi Pintu Mobil Tak Bisa Terkunci

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Atasi Pintu Mobil Tak Bisa Terkunci
Image: Freepik/upklyak

Jakarta - Fitur door lock pada pintu mobil berperan sangat penting untuk keselamatan pengendara dan juga penumpang. Namun, komponen ini bisa saja  mengalami kerusakan loh, Urbanreaders. Bila hal ini terjadi, pintu mobil akan sulit terkunci. 

Umumnya, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena terjadi masalah pada kawat penghubung yang ada di dalam sistem.

Lantas, bagaimana sudah terlanjur? Untuk mengatasinya, simak tips mengatasi pintu mobil tak bisa dikunci dari Toyota berikut ini, yuk!

1. Periksa Bagian Modul

Modul menjadi salah satu elemen penting yang menunjang pengoperasian door lock pintu mobil. Komponen ini berfungsi untuk mengontrol proses pembukaan atau penguncian pintu mobil secara otomatis. 

Namun, untuk memastikan modul ini baik-baik saja, kamu bisa mengecek apakah remote mobil masih bisa dioperasikan atau tidak. Jika masih normal, artinya aliran listrik masih bisa mengalir pada mobil nih. Dengan begitu, dapat dipastikan kerusakan door lock tidak diakibatkan oleh modulnya ya.

2. Periksa Suku Cadang Motor Penggerak

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa motor penggerak. Komponen ini berfungsi untuk menarik kunci pintu secara otomatis. Ketika digunakan untuk mengunci, magnet yang menarik bagian plunger akan aktif untuk mengungi pintu mobil.

Jika bagian ini rusak, jelas pintu mobil tak dapat terkunci dengan baik ya, Urbanreaders. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan perawatan rutin untuk menghindari terjadinya masalah pada suku cadang motor penggerak.

3. Periksa Kawat Penghubung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab door lock pintu mobil tidak berfungsi dengan baik adalah karena ada masalah pada kawat di dalam sistemnya, entah kawat penghubung tersebut putus atau mengalami masalah yang lain. 

Jika sudah benar-benar terputus, kamu bisa menggantinya sendiri dengan membawa kabel tersebut ke bengkel resmi. Namun, jika hanya terpotong di bagian ujungnya, kamu bisa loh meregangkanya sedikit untuk bisa dikaitkan pada baut. 

4. Memeriksa Sekring

Sekring pada kendaraan memang menjadi komponen yang penting ya, Urbanreaders. Jika bermasalah sedikit saja, maka performa kendaraan kamu akan menurun. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait