beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Ada  Benjolan di Ban Mobil? Mungkin Ini Penyebabnya

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ada  Benjolan di Ban Mobil? Mungkin Ini Penyebabnya
Image: Ilustrasi ban mobil (Pixabay/free-photos)

Jakarta – Ban mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan membuatnya rawan mengalami kerusakan. Tak hanya bocor atau kempis saja, masalah yang sering timbul pada ban adalah munculnya benjolan.

Benjolan ini dapat membuat laju mobil terasa tidak nyaman dan bisa membahayakan kamu sebagai pengandara ataupun penumpang. Wah, mengerikan bukan?

Kira-kira apa saja penyebab ban mobil benjol? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Pengisian Angin yang Tidak Pas

Saat kamu mengisi angin ban mobil, pastikan itu tidak kurang ataupun berlebihan ya. Sebab, hal ini dapat menimbulkan benjolan pada ban kendaraan kamu. 

Angin yang berlebihan ditambah ketika kamu berkendara di cuaca yang terik, dapat memberikan tekanan yang semakin meningkat, sehingga memunculkan benjolan. 

Sedangkan pada jumlah angin yang kurang, akan mempermudah benda keras seperti trotoar untuk merusak benang pada bagian samping ban. Jadi, selalu periksa terlebih dahulu sebelum memompanya ya, Urbanreaders.

2. Kerusakan pada Suspensi Mobil

Siapa di antara kamu yang masih asing dengan istilah ini? Well, suspensi adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meredam getaran ketika melalui jalanan tidak rata nih. 

Jika bagian ini mengalami masalah, maka akan membuat mobil kamu terasa kurang mulus ketika dikendarai dan bantingan ban mobil pun akan semakin keras. 

Pada saat suspensi mati, artinya ban akan bekerja lebih keras terlebih saat terkena trotoar atau batu yang tajam. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka resiko ban benjol sangat tinggi loh.  

3. Terjadinya Perubahan Bentuk Ban

Bagian sisi-sisi ban kendaraan lama-kelamaan bisa terkikis oleh aspal jalanan yang panas. Hal ini bisa menyebabkan perubahan bentuk, termasuk pada ban mobil kamu.

Kondisi ban yang sudah tipis juga memudahkan benang ban cepat putus. Terlebih jika sering digunakan untuk perjalanan jauh. 

Sebenarnya, perubahan bentuk ban ini adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Jadi, kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala ya, Urbanreaders. 

4. Sering Terkena Benda Tajam

Sudah menjadi rahasia umum bila benda tajam sangat dihindari oleh para pengendara. Sebab, selain dapat menyebabkan ban bocor, ternyata benda tajam ini juga bisa menimbulkan benjolan loh. 

Sejumlah benda tajam yang kerap ditemui di sekitar jalanan bisa jadi merupakan bekas dari proyek pembangunan. Misalnya, paku, sekrup, beling, batu dll. Benda-benda berbahaya ini harus selalu kamu hindari ya.

Itulah empat penyebab ban mobil kamu mengalami benjolan. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian pada kendaraan kamu ya, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait