beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Cara Membuat Kesan Baik di Tempat Kerja

Kintan Lestari,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Membuat Kesan Baik di Tempat Kerja
Image: Ilustrasi membuat kesan baik di tempat kerja. (Freepik/benzoix)

Jakarta - Siapa sih orang yang ingin dirinya punya kesan buruk di mata orang lain? Pasti nggak ada yang ingin kan. Yang diinginkan justru kesan yang baik di mata orang lain, termasuk di tempat kerja.

Tapi kenyataannya membuat kesan baik di tempat kerja susah-susah gampang. Punya kesan baik soalnya akan menguntungkan. Itu karena atasan dan rekan kerja akan menyadari bahwa mereka dapat mengandalkan kamu untuk melakukan pekerjaan dengan baik. 

Kalau sudah seperti itu, kemungkinan besar kamu akan mulai menerima tanggung jawab yang lebih besar. Tanggung jawab besar juga diikuti kesempatan besar untuk dipromosikan. Itu sebabnya, penting untuk membuat kesan baik di tempat kerja. Tapi bagaimana caranya? 

Melansir The Balance Careers, berikut 4 cara membuat kesan baik di tempat kerja yang bisa kamu lakukan!

1. Akui Kalau Berbuat Kesalahan

1653997585-berbuat-kesalahan.jpgSumber: Ilustrasi berbuat kesalahan. (Freepik/gpointstudio)

Tidak peduli seahli apapun kamu, pasti ada saat kamu melakukan sebuah kesalahan di tempat kerja. Baik kesalahan kecil bahkan yang besar sekalipun. Nah, cara kamu menangani kesalahan tersebut akan lebih memengaruhi pendapat manajer daripada kesalahan itu sendiri.

Hal pertama yang harus lakukan adalah mengakui kesalahan tersebut. Jangan mengelak, mengabaikan, atau mencoba menyalahkan orang lain. Sebaliknya, ambil tanggung jawab penuh dan kemudian temukan cara untuk memperbaiki kesalahan yang kamu perbuat. Meskipun bos kamu mungkin kesal karena kamu sebelumnya melakukan kesalahan, setidaknya bos kamu akan menyadari bahwa kamu sudah melakukan hal yang benar untuk memperbaiki.

2. Berpakaian Rapi

1654689202-pakaian-rapi.jpgSumber: Ilustrasi berpakaian rapi. (Freepik/benzoix)

Selalu ikuti aturan berpakaian di tempat kerjamu. Sebagian besar perusahaan tidak lagi mewajibkan karyawannya memakai jas untuk bekerja, tetapi tetap penting untuk memiliki penampilan yang rapi dan bersih. Misalnya kantormu memperbolehkan mengenakan jeans dan kaos, pastikan kondisi pakaianmu baik. Begitu juga dengan sepatu.

3. Hindari Topik Kontroversial

1606957987-tukang-gosip.jpgSumber: Freepik

Hindari memulai percakapan tentang topik yang membuat orang tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan pertengkaran. Misalnya pembicaraan tentang politik atau agama.

4. Hargai Rekan Kerjamu

1638432318-foto-4.jpgSumber: Ilustrasi Rekan Kerja (Freepik)

Ketika rekan kerja saling menghormati, mereka biasanya akan punya lingkungan yang lebih baik. Tidak ada bos yang ingin karyawan mereka berkelahi. Jadi selalu hargai rekan kerjamu. Jangan pernah juga mengambil kredit untuk pekerjaan orang lain. Lalu minta maaf jika kamu pernah menyinggung perasaan rekan kerjamu.

Itu dia 4 cara membuat kesan yang baik di tempat kerja yang bisa kamu lakukan, Urbanreaders. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait