beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

4 Efek Sering Rebahan Buat Kesehatan Mental

Itha Prabandhani,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Efek Sering Rebahan Buat Kesehatan Mental
Image: Ilustrasi sering rebahan. (Freepik)

Jakarta - Kaum rebahan mesti tahu nih, kalau kurang aktivitas fisik nggak cuma berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga mental kamu, loh. Padahal, banyak alasan yang bikin kita rebahan, seperti udah ‘pewe’, malas mau ngapa-ngapain, atau masih bisa online masalah kerjaan dari ponsel meskipun sambil tiduran.

Dilansir dari laman Riliv, sebuah aplikasi konsultasi psikologi online, kebiasaan rebahan ternyata bisa berdampak jangka panjang yang kurang baik buat kesehatan mental kamu.

Karena itu, rebahan boleh aja guys, tapi jangan lupa, selingi dengan aktivitas fisik yang lain. Misalnya, stretching, bersih-bersih rumah, memasak, atau melakukan kegiatan lain yang kamu sukai.

Kenapa itu perlu? Supaya kamu bisa terhindar dari efek negatif berikut ini, guys!

1. Kurang Berenergi

1596606833-gak-berenergi.jpgIlustrasi kekurangan energi. (Freepik)

Nggak banyak aktivitas fisik malah bakal bikin badan kamu gampang merasa lemas, guys. Kamu juga akan merasa tidak bergairah, kurang energi, dan nggak bersemangat.

Padahal, otak kamu terus bekerja mengolah berbagai informasi dan pikiran seputar pekerjaan, hidup, hubungan dengan pacar, dan lain-lain. Dengan begitu, terjadi ketidakseimbangan antara aktivitas fisik dan otak kamu, yang bikin kamu mudah merasa stres.

2. Kehilangan Motivasi

1596606864-kehilangan-motivasi.jpgIlustrasi kehilangan motivasi. (Freepik)

Makin lama kamu menunda sesuatu, bakal makin malas pula kamu menyelesaikannya. Bener nggak? Itu karena kamu akan kehilangan motivasi untuk mengurusi hal itu. Karena itu, buatlah badan kamu tetap aktif sehingga kamu tetap bersemangat menyelesaikan tugas-tugasmu.

3. Gampang Stres

1596606930-gampang-stres.jpgIlustrasi mudah stres. (Freepik)

Saat kamu terjebak pada rutinitas yang tidak bervariasi, kamu akan mudah merasa bosan. Akhirnya, pikiran pun menjadi buntu dan kreativitas kamu mulai menurun. Kondisi ini rentan bikin kamu gampang merasa stres, karena kamu merasa stuck pada kehidupan dan kebiasaan yang sama.

4. Overthinking

1596606983-overthinking.jpgIlustrasi overthinking. (Freepik)

Karena kamu tidak memiliki rutinitas yang berbeda, pikiran pun jadi gampang melayang ke mana-mana. Nggak hanya imajinasi yang baik, pikiran buruk pun bakal datang menghampiri dan bikin kamu overthinking tentang segala sesuatu.

Overthinking adalah awal dari pikiran negatif, yang akhirnya juga bakal menarik hal-hal negatif dalam kehidupanmu.

Nah, kamu pasti nggak mau kan, mengalami itu semua? Yuk, tetap aktif meskipun di rumah aja, guys! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait