beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Kandungan Skincare Ini Mengerikan, tapi Diklaim Baik untuk Kulit

Izzah Putri Jurianto,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Kandungan Skincare Ini Mengerikan, tapi Diklaim Baik untuk Kulit
Image: Ilustrasi serum. (Pexels/pnwproduction)

Jakarta – Skincare dengan kandungan niacinamide, hyaluronic acid, dan salicylic acid mungkin banyak sekali terjual di pasaran. Tapi, pernahkah kamu mendengar bahan skincare yang aneh dan ekstrem?

Nyatanya, bahan-bahan yang aneh tersebut bagus untuk mengatasi permasalahan kulit, loh. Sumber bahannya yang kurang umum memang agak membuat bergidik yang mendengarnya. Mau tahu apa saja kandungan skincare yang paling aneh? Coba kita intip bareng-bareng, yuk.

1. Racun Lebah (Melittin)

1663647598-Ilustrasi-Lebah-pada-Bunga.jpgSumber: Ilustrasi lebah di bunga. (Pexels/nikolacedikova)

Tersengat lebah memanglah menyakitkan dan membuat ngilu. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata racun lebah bisa menjadi salah satu komposisi bahan skincare?

Melittin, yang didapat dari racun lebah tadi, berfungsi untuk merangsang peningkatan produksi elastin dan kolagen pada kulit. Hal ini membuat kulit tidak berkerut karena penuaan. Melittin dapat ditemukan dalam produk eye cream, lip balm, atau moisturizer.

2. Sumsum Tulang (Glukosamin)

1663647593-Ilustrasi-Sumsum-Tulang.jpgSumber: Ilustrasi sumsum tulang. (Pexels/losmuertoscrew)

Sumsum tulang, yang didapat dari tulang ayam, memiliki sifat anti inflamasi ketika dikombinasikan dengan zat asam. Selain itu, kandungan minyak pada sumsum tulang mampu menutrisi kulit dari dalam.

Kandungan glukosamin yang didapat dari sumsum tulang banyak ditemukan pada krim wajah dan moisturizer. Untuk kulit yang super kering, apakah kamu tertarik mencoba skincare dengan kandungan glukosamin?

3. Kumbang Cochineal (Carmine/Carminic Acid)

1663647621-Ilustrasi-Kumbang.jpgSumber: Ilustrasi kumbang. (Pexels/moritzspannenkrebs)

Kumbang selama ini dikenal sebagai hewan yang suka hinggap di tanaman. Ternyata, kumbang cochineal yang dihancurkan dan dikeringkan bermanfaat untuk kulit.

Setelah dihancurkan, kumbang bubuk akan menjadi bahan campuran lotion dan lipstik merah. Hal ini dikarenakan kumbang cochineal tidak mengandung bahan kimia, jadi penggunaannya di kulit terjamin aman.

4. Sisik Ikan (Guanin)

1663647602-Ilustrasi-Sisik-Ikan.jpgSumber: Ilustrasi sisik ikan. (Pexels/pixabay)

Hayo, siapa yang sering geli dengan sisik ikan? Padahal, guanin yang terdapat pada sisik ikan punya khasiat yang manjur loh.

Karena sifatnya alami dan tidak mengandung racun, guanin dijadikan salah satu komposisi pada krim wajah dan body lotion untuk memberikan kesan sehat dan glowing. Selain itu, untuk produk kosmetik sendiri, guanin dapat ditemukan pada lip gloss dan kuteks.

So, itu tadi adalah bahan-bahan super absurd yang beneran ada di produk skincare. Kalo Urbanreaders kira-kira bakal tertarik buat cobain nggak sih?

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait