Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Kandungan Skincare yang Ramah untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kandungan Skincare yang Ramah untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Image: Perawatan kulit untuk ibu hamil. (Pexels/Yan Krukov)

Jakarta - Selain rasa mual dan kondisi badan yang tidak enak, masih ada masalah yang dialami Ibu hamil di masa kehamilan, yakni bisakah menggunakan produk kecantikan? 

Pasalnya beberapa ibu hamil khawatir produk tersebut akan membahayakan calon buah hati mereka. Akibatnya, selama kehamilan, beberapa wanita hamil jadi tidak merawat diri.

Tapi tenang aja, ibu hamil bisa kok menggunakan produk skincare. Solusinya ya dengan memilih skincare dengan bahan kandungan yang aman untuk kulit ibu hamil atau menyusui.

Berikut Urbanasia rangkum bahan kandungan dalam skincare yang baik untuk ibu hamil seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/11/2021).

1. Produk Fragrance-Free

1612143809-Parfum.jpgSumber: Freepik

Ketika sedang di fase mengandung, kamu harus mengganti produk skincare milikmu ke produk yang fragrance-free atau bebas parfum.

Dalam produk kecantikan, parfum bisa mengiritasi. Dan di masa kehamilan, banyak wanita lebih sensitif terhadap iritasi kulit.

Adanya kandungan parfum dalam skincare juga berpotensi mengganggu hormon tubuh yang bisa berakibat kehamilan jadi bermasalah.

2. Glycolic Acid

1615864385-toner---freepik-lookstudio.jpgSumber: Toner. (Freepik/Lookstudio)

Bahan kandungan ini berfungsi menyamarkan luka, keriput, serta noda hitam di wajah. Selain itu juga membuat kulit tampak lebih cerah.

Glycolic acid umumnya ada di produk toner, serum, atau krim wajah dan aman digunakan oleh ibu hamil atau menyusui. Tapi ingat, perhatikan campuran bahan lain yang kamu pakai.

Sebisa mungkin, jangan mencampur asam glikolat dengan produk lain yang juga mengandung asam tertentu. Karena bisa saja percampuran asam tersebut jadi mengiritasi kulitmu atau menyebabkan efek samping lainnya.

3. Vitamin C

1604629702-mariobadescu-ig.jpgSumber: Vitamin C Serum. (Instagram @mariobadescu)

Untuk mempercantik diri saat periode kehamilan, para ibu hamil juga bisa menggunakan produk berbahan vitamin C.

Vitamin C bisa datang dalam berbagai bentuk, tetapi L-Ascorbic Acid sejauh ini adalah yang terbaik. Kandungan tersebut menyerap dengan cepat dan memiliki tingkat kejenuhan yang besar.

Vitamin C umumnya digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi hiperpigmentasi, jerawat, sampai mengatasi kerusakan radikal bebas akibat paparan sinar matahari.

4. Hyaluronic Acid

1604629672-theordinary-ig.jpgSumber: The Ordinary's Hyaluronic Acid 2% + B5. (Instagram @deciem)

Hyaluronic Acid atau Asam hialuronat (HA) aman digunakan selama kehamilan. Sebab kandungan ini sudah ditemukan secara alami di kulit kita.

Untuk yang wajahnya berjerawat selama masa kehamilan, bisa banget menggunakan produk skincare yang ada kandungan hyaluronic acid-nya.

5. Salicylic Acid

1625201627-cosrx--shopee.jpgSumber: COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser (Shopee)

Banyak yang bilang kalau kandungan satu ini tidak boleh dipakai saat hamil. Padahal sebenarnya boleh. 

Salicylic Acid boleh dipakai ibu hamil atau menyusui asalkan dosisnya sedikit, yakni kurang dari 2%.

Jadi kalau misalnya serum kamu mengandung salicylic acid dengan dosis 1%, maka tidak masalah untuk digunakan.

Nah, itu dia beberapa kandungan dalam skincare yang aman untuk kulit selama masa kehamilan atau menyusui. 

Tapi perlu diingat, baiknya kamu konsultasikan dulu produk-produk kecantikan yang ingin kamu pakai ke ahlinya sebelum mulai menggunakan produknya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait