beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Kesalahan Pakai Clay Mask yang Bikin Kulit Nggak Bersih

Kintan Lestari,
8 November 2022 15.18.51 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Kesalahan Pakai Clay Mask yang Bikin Kulit Nggak Bersih
Image: Ilustrasi pakai clay mask. (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Ada banyak produk kecantikan untuk merawat kulit berminyak supaya tetap bersih dan sehat sehingga tidak muncul masalah seperti jerawat, komedo, atau pori-pori besar. Salah satunya dengan memakai clay mask.

Melansir Verywell Health, clay mask terbuat dari berbagai jenis tanah liat yang dipercaya dapat menyerap minyak dan bakteri, sehingga dapat membuat kulit pengguna lebih bersih. Masker ini lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone.

Clay mask bekerja seperti magnet yang dapat mengeluarkan racun dari pori-pori ketika dicampur dengan air. Sifat bak magnet itu bisa terjadi karena tanah liat di dalam clay mask biasanya memiliki pH negatif, sedangkan kulit kita memiliki pH sedikit positif. Jadi ketika dioleskan, clay mask akan bersifat seperti magnet dan menarik minyak dan kotoran. 

Dengan kemampuannya tersebut, nggak perlu diragukan lagi kan kemampuan clay mask. Tapi sayang, ada loh yang nggak mendapat manfaat dari clay mask. Itu karena orang tersebut melakukan 4 kesalahan saat pakai clay mask. Apa saja?

1. Pakai saat Wajah Kotor

Produk skincare semahal dan sekhasiat apa pun tidak akan bekerja di kulit yang kotor. Begitu juga dengan clay mask. Kalau kamu mau mendapatkan manfaat dari masker tersebut, pastikan kamu sudah membersihkan wajah lebih dulu. Dengan demikian, bahan kandungan dalam clay mask akan meresap ke kulit.

2. Pakai Kebanyakan

Banyak yang beranggapan pakai suatu produk maka hasilnya akan baik. Padahal sesuatu yang berlebihan itu kan nggak baik. Dalam dunia skincare, ada istilah 'less is more'. Jadi pakai secukupnya saja. Kalau kamu sudah aplikasikan, terus di layer lagi, itu akan percuma karena layer kedua tidak akan bekerja maksimal untuk kulit.

3. Mendiamkan Terlalu Lama

Banyak orang memakai masker sambil melakukan sesuatu sehingga tidak terasa waktu 30 menit berlalu, dan clay mask di wajah sudah mengering sampai retak. Tetapi sebenarnya sangat penting untuk menghapus clay mask sebelum benar-benar kering. Masker yang diam terlalu lama di wajah dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Jadi, pastikan kamu membersihkan masker saat teksturnya masih basah.

4. Tidak Pakai Pelembap Setelahnya

Banyak yang setelah maskeran, membilas maskernya lalu selesai. Eits, itu belum selesai loh. Setelah selesai maskeran, jangan lupa pakai pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit supaya tidak kering. 

Itu dia 4 kesalahan saat pakai clay mask yang bikin kulitmu nggak mendapatkan efek apa pun. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait