menu
user
URtech

4 Rekomendasi Aplikasi Android untuk Pantau Cuaca Ekstrem

Nivita Saldyni,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Rekomendasi Aplikasi Android untuk Pantau Cuaca Ekstrem
Image: Ilustrasi mengecek aplikasi cuaca. (Freepik/pressfoto)

Jakarta - Cuaca ekstrem tengah terjadi di berbagai wilayah Indonesia dalam beberapa waktu belakangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di Indonesia selama sepekan pada 3-9 April 2021.

Nah, untuk membantu kamu para pengguna Android memantau cuaca terkini, ada beberapa aplikasi yang bisa download di Google Play Store nih. Berikut empat rekomendasi aplikasi cuaca yang bisa kamu coba!

1. Info BMKG

Aplikasi pertama yang Urbanasia rekomendasikan untuk kamu adalah aplikasi Info BMKG. Aplikasi yang dikembangkan oleh BMKG ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti prakiraan cuaca, gempa bumi, peta iklim, kualitas udara, peringatan dini cuaca, cuaca laut, termasuk siaran pers dari BMKG.

Di aplikasi ini, kamu bisa memantau ramalan cuaca selama tujuh hari di seluruh kecamatan di Indonesia. Menariknya, lewat aplikasi ini BMKG juga memberikan informasi prakiraan cuaca yang terjadi di daerah-daerah yang dilalui jalur mudik lebaran. Tentunya informasi ini hanya tampil saat momen lebaran, guys.

Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan siaran pers BMKG lewat aplikasi satu ini. Nah, Urbanreaders sudah download Info BMKG belum nih?

1617712195-Info-BMKG.jpegAplikasi Info BMKG. (Portal Informasi Indonesia)

2. Windy.com

Aplikasi kedua yang kami rekomendasikan sedang banyak dibicarakan netizen nih. Sebab aplikasi ini direkomendasikan langsung oleh Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Aplikasi yang juga dikenal dengan nama Windyty ini dikenal sebagai aplikasi ramalan cuaca dengan visualisasi.

Aplikasi yang dilengkapi beragam fitur menarik ini bisa membantu kamu bisa melacak kondisi cuaca terkini, potensi hujan atau badai, potensi cuaca ekstrem, bahkan memantau kondisi cuaca untuk merencanakan perjalanan atau melakukan olahraga luar ruangan. Berkat fitur-fitur andalannya itu, mereka diklaim sebagai aplikasi paling akurat dan dipercaya oleh pekerja profesional. Mulai dari pilot, paraglider, skydiver, peselancar, pelaut, nelayan, ahli cuaca, pemerintah, sampai tim penyelamat.

Di Google Play Store sendiri, Windy ada di urutan pertama untuk Top Free in Weather loh. Kamu pun bisa mengakses informasi dari Windy lewat website mereka di sini, guys.

3. Weather Forecast & Snow Radar

Aplikasi selanjutnya adalah Weather Forecast & Snow Radar dari The Weather Channel. Aplikasi yang disediakan oleh NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat) juga bisa kamu gunakan untuk memantau kondisi cuaca di tempat kamu saat ini. Fiturnya pun lengkap, di mana kamu bisa mendapatkan informasi tentang kondisi cuaca terkini, prakiraan hujan, kualitas udara, indeks UV, tekanan angin, tingkat kelembaban, dan banyak lagi lainnya.

Selain memantau adanya potensi cuaca ekstrem, aplikasi ini juga menyediakan fitur pelacak badai salju untuk teman-teman yang sedang ada di negara dengan empat musim. Fitur radarnya membantu kamu mengetahui kondisi cuaca di berbagai belahan dunia. Menariknya, aplikasi ini menyediakan ramalan cuaca selama 15 hari loh. Mereka juga dilengkapi fitur video yang membantu kita melacak perkembangan cuaca di peta GPS.

4. Weather & Radar

Aplikasi lain yang Urbanasia rekomendasikan adalah Weather & Radar. Aplikasi yang dikembangkan oleh WetterOnline dari Amerika Serikat ini menyajikan informasi prakiraan cuaca secara lengkap. Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, kamu bisa tahu informasi tekanan angin, tingkat kelembapan udara, kondisi gelombang laut, indeks UV, potensi hujan dan badai, dna banyak lagi lainnya dari aplikasi ini.

Lewat Weather & Radar kamu juga bisa mendapatkan informasi prakiraan cuaca lokal sampai 14 hari ke depan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur radar yang membantu kamu mengetahui kondisi cuaca di berbagai belahan dunia. Uniknya, aplikasi ini dilengkapi fitur camera yang membuat kamu bisa selfie dengan bingkai informasi cuaca yang sesuai dengan lokasi kamu saat ini. Foto itu bahkan bisa langsung kamu bagikan ke akun media sosialmu, guys.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait