menu
user
URguide

4 Tips Atasi Kebiasaan Buruk Main HP Sebelum Tidur

Nivita Saldyni,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Atasi Kebiasaan Buruk Main HP Sebelum Tidur
Image: Ilustrasi. (Freepik/lookstudio)

Jakarta - Urbanreaders, tahukah kamu kalau penggunaan handphone (HP) di malam hari bisa pengaruhi kualitas tidurmu? Nah yang punya kebiasaan main HP sebelum tidur, kurang-kurangin deh mulai sekarang. Sebab hal ini membuat kualitas tidurmu jadi kurang baik.

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of California dan King’s College London menyebutkan alat-alat elektronik seperti smartphone dan tablet yang dipakai dekat dengan waktu tidur akan mengganggu pola tidur kamu. Akibatnya, pola tidur yang kurang baik bisa memicu obesitas, diabetes hingga depresi.

Untuk menghindari risiko-risiko buruk yang terjadi karena penggunaan HP sebelum tidur, kamu harus mulai mengubah kebiasaan nih. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan coba untuk memperbaiki kualitas tidur kamu yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber:

1. Jauhkan HP dari tempat tidur

1617099436-HP-Tidur-Freepik-Freepik.JPGIlustrasi tidur dekat handphone. (Freepik)

Kalau kamu punya kebiasaan meletakkan HP di dekat kamu saat tidur atau di samping tempat tidur, ini akan membuat kamu tergoda mengeceknya sebelum tidur. Bahkan saat terbangun di malam hari, tak menutup kemungkinan kamu akan mengeceknya dan mulai memainkannya. Untuk itu solusi yang tepat adalah menjauhkan HP dari tempat tidur. 

2. Ganti kebiasaan main HP dengan aktivitas lain

Untuk kamu yang sudah kebiasaan mengecek HP sebelum tidur, coba untuk mulai menghindarinya. Ganti kebiasaan ini dengan aktivitas lain yang bisa menenangkan. Misalnya membaca buku, minum teh hangat, mandi air hangat, atau cara-cara lain yang menurutmu bisa melepas penat selain memainkan HP. Cara ini bakal membuat kamu lebih santai sehingga tubuh dan pikiran lebih rileks dan siap untuk istirahat.

3. Atur penggunaan HP

1617099333-gangguan-tidur-freepik-karlyukav.jpgIlustrasi gangguan tidur. (Freepik/karlyukav)

Mengatur penggunaan HP bisa kamu coba untuk terhindar dari kebiasaan main HP sebelum tidur. Caranya, tentukan atur waktu tidur kamu dan nonaktifkan saat waktu tidur tiba. Kemudian kembali aktifkan saat waktunya bangun. Beberapa HP biasanya sudah dilengkapi fitur yang membantu kamu menonaktifkan HP otomatis sesuai waktu yang kamu inginkan.

4. Hapus aplikasi-aplikasi yang tak penting

Banyak aplikasi menarik yang bisa kamu gunakan di HP. Sayangnya aplikasi-aplikasi ini kadang membuat kamu enggan untuk meninggalkan HP, bahkan saat waktu tidur sudah di depan mata. Untuk mengatasinya, cobalah untuk tidak menggunakannya saat akan tidur. Atau bisa juga hapus aplikasi-aplikasi tersebut agar kamu tak tergoda untuk memainkannya bahkan saat akan tidur di malam hari.

Nah itu dia guys empat tips mengatasi kebiasaan main HP sebelum tidur. Cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dengan begitu kesehatan dan kualitas hidup akan meningkat pula. Selamat mencoba dan semoga berhasil! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait