Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

4 Tips Mengelola Keuangan dengan Gaji UMR

Alwin Jalliyani,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Mengelola Keuangan dengan Gaji UMR
Image: Ilustrasi mengelola keuangan. (Freepik)

Jakarta - Dalam mengelola keuangan perlu strategi dan alokasi yang matang. Apalagi jika gaji yang kamu miliki masih tergolong Upah Minimum Regional (UMR), tentu penghematan merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Berikut merupakan cara yang bisa dilakukan dalam mengelola gaji UMR supaya cukup memenuhi berbagai kebutuhan.

1. Pilih Tempat Tinggal yang Terjangkau

1596961471-perencanaan-keuangan4.jpgIlustrasi. (Freepik)

Apabila belum memiliki tempat tinggal, kamu perlu mempertimbangkan harga sewa indekos atau kontrakan yang akan dihuni. Kumpulkan referensi penawaran sewa tempat tinggal di lingkungan sekitar. Setelah itu, bandingkan harga dan fasilitas yang dimiliki. Untuk gaji UMR, sebaiknya anggaran sewa tempat tinggal tidak melebihi Rp600.000 per bulan.

2. Masak Sendiri dan Bawa Bekal

1593094732-masak-matang.jpgIlustrasi masak sendiri

Kamu bisa menghemat pengeluaran dengan memenuhi kebutuhan makanan sendiri. Mari kita bandingkan, apabila satu kali makan di luar menghabiskan Rp20.000, maka jika tiga kali  makan dalam sehari menghabiskan Rp60.000. Dalam sebulan, mencapai Rp1.800.000 hanya untuk kebutuhan makan. Pengeluaran tersebut bisa dipangkas dengan masak sendiri.

3. Pilih Transportasi Paling Ekonomis

1585826630-transportasi-umum.jpgIlustrasi transportasi umum. (Freepik)

Moda transportasi yang digunakan untuk ke kantor perlu dipertimbangkan. Apakah menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika belum memiliki kendaraan pribadi, pilihan kendaraan umum pun cukup beragam. Kamu dapat membuat estimasi pengeluaran setiap moda transportasi yang digunakan. Apabila ingin lebih hemat, sewa tempat tinggal di dekat kantor.

4. Belanja Sesuai Kebutuhan

1607395977-daftar-belanjaan.jpgIlustrasi belanja. (Freepik)

Catat kebutuhan pokok yang kamu butuhkan setiap bulan. Mulai dari kebutuhan makanan, transportasi, sewa tempat tinggal, dan keperluan pribadi lainnya. Dengan begitu, kamu dapat mengalokasikan uang dari awal. Jika terdapat sisa uang setelah dialokasikan, sebaiknya tabung sebagai dana darurat dan simpanan di masa depan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait