beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

4 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik, Yuk Selamatkan Bumi!

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik, Yuk Selamatkan Bumi!
Image: Ilustrasi Mengurangi Penggunaan Plastik. (Pexels)

Jakarta - Meski mendaur ulang plastik bisa membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan sampah dan saluran air, namun tidak semua jenis plastik dapat didaur ulang.

Hal ini disebabkan karena daur ulang membutuhkan banyak energi dan air untuk barang-barang sekali pakai seperti plastik. Belum lagi sampah yang berasal dari plastik sekali pakai membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mulai dari mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Banyak alternatif lain yang bisa digunakan agar tidak terus menerus mengotori lingkungan dengan sampah plastik yang menumpuk.

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya, yuk simak tips yang telah dirangkum Urbanasia berikut ini.

1. Bawa Tas Belanja

1661837539-plastic-waste-1.jpgSumber: Ilustrasi Mengurangi Penggunaan Plastik. (Pexels)

Meski terlihat sepele, namun nyatanya penggunaan tas belanja ini sangat berguna untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebab menurut Badan Perlindungan Lingkungan, hingga satu triliun kantong plastik digunakan setiap tahunnya di seluruh dunia. 

2. Gunakan Botol Isi Ulang

1661837530-plastic-waste-2.jpgSumber: Ilustrasi Mengurangi Penggunaan Plastik. (Pexels)

Tips untuk mengurangi penggunaan sampah plastik selanjutnya adalah dengan membawa botol air minum isi ulang ke mana pun kita pergi. Mungkin terkesan terlalu hemat tapi hal ini bertujuan agar kita tidak perlu membeli air minum kemasan yang akan menghasilkan sampah plastik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait