beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Trik Hindari Efek White Cast dari Sunscreen

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Trik Hindari Efek White Cast dari Sunscreen
Image: Sunscreen white cast. (Freepik)

Jakarta - Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit. Tapi masih banyak yang malas mengaplikasikannya. Itu karena beberapa sunscreen meninggalkan white cast.

Biasanya sunscreen yang meninggalkan white cast adalah physical sunscreen, atau biasa disebut juga mineral sunscreen. Sunscreen jenis ini terdiri dari bahan aktif seperti zinc oxide atau titanium dioksida.

Physical sunscreen tidak menyerap di kulit, melainkan membentuk penghalang yang mana berfungsi merefleksikan sinar UVA dan UVB. Sunscreen jenis ini umumnya bertekstur chalky, white cast, dan sulit diratakan. 

Efek white cast tentu mengganggu penampilan, apalagi ketika pakai makeup. Tapi tenang, ada beberapa trik nih yang bisa kamu lakukan untuk menghindari white cast sunscreen. Begini tipsnya:

1. Aplikasikan Langsung Setelah Pelembap

1622772361-bruntusan2---freepik-jcomp.jpgSumber: Pelembap wajah/Freepik by jcomp

Urutannya memang setelah pakai pelembap baru pakai sunscreen. Tapi biasanya kamu menunggu beberapa saat hingga pelembap meresap, dan baru di-layer dengan sunscreen. Nah, untuk menghindari white cast coba setelah pakai pelembap, langsung pakai sunscreen. 

Soalnya white cast muncul karena saat itu kondisi kulitmu kering. Jadi begitu wajah lembap, sunscreen akan tersebar dengan lebih baik. Lalu supaya kamu lebih yakin akan proteksi tabir suryanya, kamu bisa aplikasikan lagi tipis-tipis suncreen sekitar 15-30 menit setelah pakai sunscreen layer pertama.

2. Lihat Ingredients

1631519419-Sunscreen.pngSumber: Ilustrasi sunscreen. (Unsplash/Onela Ymeri)

Coba perhatikan ingredient sunscreen yang kamu pakai. Untuk mencegah white cast, baiknya kamu cari produk yang ingredients-nya yang non-nanopartikel. Tabir surya ini dibuat dengan molekul filter mineral yang lebih kecil, sehingga mudah menyebar dan meresap lebih baik.

3. Coba Formula Gel

1613455657-rekomendasi-sunscreen--freepik-veronastudio.jpgSumber: Ilustrasi sunscreen. (Freepik/veronastudio)

Kini tekstur sunscreen lebih beragam. Untuk menghindari white cast dari sunscreen, kamu bisa coba menggunakan tabir surya yang teksturnya gel. Formula ini cenderung lebih bening, juga teksturnya mudah meresap dan menyatu ke kulit. 

4. Pilih Tinted Sunscreen

1657002396-headline-sunscreen.jpgSumber: DIY Sunscreen

Kalau kamu merasa 'aneh' memakai sunscreen dengan tekstur gel karena tidak seperti tekstur sunscreen kamu yang biasa, maka coba pilih tinted sunscreen. Tabir surya jenis ini selain tidak meninggalkan warna putih di wajah juga meninggalkan kilau sehat di wajah. 

Itu dia 4 trik menghindari efek white cast dari sunscreen yang kamu pakai. Semoga beruntung dengan cara di atas ya, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait