beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

5 Aplikasi Penunjang Belajar untuk Mahasiswa Statistika

Shelly Lisdya,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Aplikasi Penunjang Belajar untuk Mahasiswa Statistika
Image: Ilustrasi aplikasi statistika ((Pinterest/Edmonton Bookkeping)

Jakarta - Seorang ahli statistik, tidak hanya dituntut mahir mengolah dan menganalisis data saja. Namun, mereka juga diharapkan dapat mencari pemecahan masalah sesuai bidang keahliannya berdasarkan informasi dari data yang diperoleh. 

Untuk mencapainya, mahasiswa Statistika biasanya membutuhkan alat bantu berupa software khusus. 

Mengutip dari laman Binus.ac.id, Kamis (2/12/2021), jurusan Statitiska merupakan perpanjangan ilmu Matematika, program studi Statistika tentunya menyajikan angka dan data dalam pembahasannya. 

Secara khusus, lulusan ilmu Statistika dipersiapkan untuk menjadi individu yang mahir dalam mengumpulkan, menganalisis, mempelajari, dan menginterpretasi data. 

Dengan demikian, data tersebut dapat dijadikan sumber informasi bermanfaat bagi banyak orang. 

Perkembangan zaman yang selalu dipenuhi dengan data menjadi ladang subur bagi alumni jurusan ini. Pasalnya, kemampuan para ahli statistik sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang ilmu, seperti komputer, genetika, ilmu sosial, lingkungan, biomedis, dan lainnya. 

Beberapa posisi penting yang bisa diperoleh adalah market researcher, ahli ekonomi, data engineer, business analyst, ahli biometrik, software engineer, financial manager, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pemanfaatan beberapa aplikasi statistik akan sangat membantu proses belajar. 
 
Nah, berikut lima aplikasi penting untuk mahasiswa Statistika:

1. GeoGebra

Aplikasi pertama ini bisa digunakan oleh peserta didik di berbagai level pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kamu bisa mengunduh aplikasi secara gratis melalui laman resmi pengembang ataupun Play Store. 

Ada banyak pilihan GeoGebra Apps tersedia untuk membantumu belajar Geometri, Aljabar, dan Kalkulus. Beberapa contohnya adalah Calculator Suite, Graphing Calculator, Geometry, GeoGebra Classic 6, dan lainnya. 

2. LaTex

LaTex menjadi penunjang proses belajar mahasiswa Statistika (khususnya pada proyek typesetting document atau membuat formula Matematika). Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi perangkat, mulai dari Mac OS, Windows, dan Linux. 

Merujuk laman resminya, aplikasi ini diberikan secara gratis bagi peminatnya. Hanya saja, Tim LaTex tetap mengharapkan bantuan tiap pengguna agar dapat memberikan donasi pemeliharaan dan pengembangan.

3. Euler Math Toolbox

Aplikasi penting mahasiswa Statistika selanjutnya adalah hasil pemikiran Rene Grothmann—seorang Guru Besar Matematika dari Universitas Eichstätt, Jerman.

Urbanreaders bisa memanfaatkan Euler Math Toolbox dalam hal algoritma numerik, ekspor grafis, dan visualisasi data. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, kamu bisa mengunduh Euler Math Toolbox secara gratis melalui website resminya. 

4. R and RStudio

Sebagai sebuah aplikasi open source, R & RStudio dapat dimanfaatkan tanpa berbayar. Sejak awal pengembangan, aplikasi ini memang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan data analyst atau data scientist. Oleh sebab itu, kamu akan menemukan banyak fitur andalan untuk melibas permasalahan Statistika dasar dalam aplikasi ini. 

Aplikasi ini bisa dipakai di sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS. Bagi kamu yang berminat, software R & RStudio bisa diperoleh dari website resminya. 

5. LINDO Systems

Mata kuliah Pemrograman Linier, Pemrograman Integer, Pemrograman Stokastik, dan Pemrograman Nonlinier menjadi lebih sederhana jika kamu menguasai penggunaan aplikasi LINDO (Linear Interactive Discrete Optimizer). Untuk mencoba, pihak pengembang menyediakan trial products di laman resminya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait