Jakarta - Memiliki teman dekat di tempat kerja memang bisa membantumu melalui hari-hari yang sulit sekaligus memudahkan pekerjaanmu. 

Mengingat sepertiga waktu kita dalam sehari dihabiskan di kantor dengan rekan kerja, sangat wajar bila kamu menjadi lebih dekat dengan beberapa rekan kerja atau atasan, hingga berteman dengan mereka.

Namun, berteman dengan rekan kerja di kantor juga ada aturannya loh, guys. Berikut beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan dalam berteman dekat dengan rekan kerja.

1. Tetap Hormati Atasan

 

1603164152-berteman-dengan-rekan-kerja3.jpgSumber: Freepik

Kalau kebetulan bos kamu orangnya asyik diajak ngobrol atau jalan bareng, kamu mungkin akan menjadi dekat seperti layaknya teman baik. Meski begitu, biar gimana pun juga, dia tetaplah atasanmu, guys. 

Karena itu, kamu mesti hati-hati untuk memilih topik apa yang bisa kamu share dengan dia, dan topik apa yang sebaiknya kamu simpan sendiri. 

Hindari juga untuk berkomentar atau menyampaikan pendapat pribadimu dengan ‘memanfaatkan’ kedekatanmu dengannya. Sikap ini bisa dinilai negatif oleh atasanmu.

Selain itu, jangan mentang-mentang dekat dengan bos, terus kamu bisa menunda-nunda pekerjaan yang diserahkan padamu.

2. Hindari Nge-geng

 

1603164121-berteman-dengan-rekan-kerja2.jpgSumber: Freepik

Semasa sekolah, kamu mungkin biasa bikin geng dengan teman-teman yang cocok denganmu. Teman se-geng adalah mereka yang punya ketertarikan sama dalam hal tertentu. 

Di lingkungan kerja, sebaiknya kamu tidak membuat geng yang eksklusif seperti ini, guys. 

Makan siang bareng, nongkrong bareng, istirahat bareng, dan bikin kegiatan bareng dengan orang-orang tertentu, akan membuat kamu dan teman se-geng tidak disukai. Maka usahakan untuk berbaur dan menjadi teman dengan semua orang.

 

3. Bersikap Bijak

 

1603164205-berteman-dengan-rekan-kerja4.jpgSumber: Freepik

Perlu disadari bahwa rekan kerja kamu berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Baik dari tempat asalnya, latar belakang keluarga, status, dan lain-lain. 

Pastikan bahwa kamu menghargai perbedaan ini serta mempertimbangkan faktor ini sebelum kamu bertindak. Misalnya, tidak membuat komentar-komentar yang mengandung unsur SARA, atau tidak melakukan tindakan yang akan menyinggung kelompok tertentu.

 

4. Jangan Memaksakan Pertemanan

 

1603164242-berteman-dengan-rekan-kerja5.jpgSumber: Freepik

Sadarilah bahwa kamu mungkin tidak bisa berteman dengan semua orang. Karena itu, jangan memaksakan diri untuk berteman dengan semua orang demi popularitas. Apalagi, sampai melakukan cara-cara yang lebay seperti mentraktir makan siang setiap minggu, mengundang mereka berpesta di rumah, dan lain-lain. 

Memaksakan pertemanan dengan orang di kantor dengan cara seperti ini akan membuatmu terlihat desperate dan cari muka.

5. Jaga Profesionalitas

1603164264-berteman-dengan-rekan-kerja6.jpgSumber: Freepik

Pertemanan dengan rekan kerja sangat mudah membuatmu ‘terpeleset’ pada sikap tidak profesional. Misalnya, memaklumi ketika mereka tidak menepati deadline, atau sebaliknya, minta permakluman saat kamu nggak bisa menyelesaikan tugas dengan baik. 

Nah, sikap seperti ini mesti dihindari, guys. Berteman boleh saja, tapi urusan pekerjaan tetap berjalan seperti biasa. Kamu mesti bisa membedakan mana ranah pribadi dan mana ranah profesional.

 

Komentar
paper plane