menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut

Itha Prabandhani,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut
Image: Bahan alami merawat rambut/Freepik by Drobotdean

Jakarta - Punya rambut yang sehat, kuat, dan terawat, bakal menunjang penampilanmu. Untuk memiliki rambut yang menawan, kamu tak harus melakukan perawatan mahal di salon, guys. 

Apalagi, di saat pandemi seperti sekarang ini, kamu sebaiknya mengurangi interaksi langsung dengan terlalu banyak orang.

Nah, untuk melakukan perawatan rambut sendiri di rumah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.  Tak hanya aman dan mudah didapatkan, perawatan rambut dengan bahan alami juga gampang dilakukan.

Kalau kamu bermasalah dengan rambut rontok, kering, kusam, dan rusak, cobain beberapa bahan alami berikut ini.

1. Minyak Jarak

1619572930-minyak-jarak---freepik.jpgSumber: Minyak jarak/Freepik

Minyak jarak atau castor oil telah dipercaya selama turun temurun sebagai bahan perawatan rambut. Jenis minyak yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. 

Minyak jarak akan membantu pertumbuhan rambut, menguatkan akar rambut, sekaligus melembapkannya. Kandungan vitamin E dan asam lemak di dalamnya, akan menutrisi rambut dari kulit kepala hingga ujungnya.

Caranya simpel aja, guys. Cukup pijat-pijat kulit kepala dengan minyak jarak, lalu oleskan minyak hingga ke ujung rambut. Lakukan perawatan ini seminggu dua kali untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal dan berkilau.

2. Minyak Kelapa Murni

1619572938-minyak-kelapa--freepik-jcomp.jpgSumber: Minyak kelapa/Freepik by Jcomp

Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) tak hanya bermanfaat buat kesehatan tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan nutrisi pentingnya untuk mengatasi masalah rambut patah dan rusak akibat paparan bahan kimia maupun panas.

Memijat kulit kepala dengan VCO akan membantu melembapkan rambut serta memberi kehangatan pada kulit kepala.

3. Minyak Argan

1619572900-argan-oil---freepik.jpgSumber: Argan oil/Freepik

Kamu mungkin tak asing lagi dengan kandungan minyak argan atau argan oil dalam berbagai produk shampo dan kondisioner rambut. 

Jenis minyak asal Maroko ini terkenal dengan manfaatnya menguatkan akar rambut, mengurangi rambut rontok, serta membuat rambut kamu tampak lebih sehat dan berkilau.

Hal ini dikarenakan kandungan asam linoleat dan vitamin E di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut kamu. Gunakan minyak argan untuk memijat kulit kepala dan melembapkan rambut kamu.

4. Gel Lidah Buaya

1619572923-lidah-buaya---freepik-racool-studio.jpgSumber: Lidah buaya by Freepik by Racool Studio

Gel lidah buaya memiliki banyak manfaat buat kecantikan kulit, maupun menutrisi akar rambut. Gel dari lidah buaya dapat melembapkan kulit kepala serta membuat helai rambut lebih sehat. 

Kandungan vitamin A, C, dan E di dalam lidah buaya dapat membantu mengatasi rambut yang kering dan mudah patah. 

Selain itu, lidah buaya juga dapat mengontrol sebum berlebih dari kulit kepala, sehingga menjauhkanmu dari masalah ketombe dan gatal di kulit kepala.

Gunakan gel lidah buaya untuk melembapkan rambut dan kulit kepala, lalu pijat selama kurang lebih 10 menit. Sesudahnya, cuci rambut dengan shampo seperti biasa.

5. Minyak Jojoba

1619572915-jojoba-oil---freepik-marharytafatieieva.jpgSumber: Jojoba oil/Freepik by Marharytafatieieva

Minyak jojoba telah digunakan sebagai salah satu perawatan rambut dan kulit kepala selama lebih dari 200 tahun. Jenis minyak yang satu ini sangat ringan dan mudah diserap oleh kulit. 

Minyak jojoba juga kaya dengan vitamin B, E, dan C, yang akan membantu mengatasi masalah rambut bercabang dan kering.

Selain itu, minyak jojoba juga ampuh untuk melembapkan, merangsang pertumbuhan rambut, serta menjaganya tetap sehat. 

Pijatkan minyak jojoba ke kulit kepala hingga ujung rambut, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait