beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Cara Atasi Razor Burn, Iritasi Kulit Sehabis Bercukur

Itha Prabandhani,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Atasi Razor Burn, Iritasi Kulit Sehabis Bercukur
Image: Ilustrasi mencukur rambut. (Freepik)

Jakarta - Sesudah bercukur, tak jarang kita mengalami masalah kulit akibat iritasi dari proses mencukur atau yang disebut dengan razor burn.

Baik cowok maupun cewek bisa mengalami masalah ini. Razor burn dapat mengakibatkan rasa perih pada kulit, kemerahan, gatal-gatal, maupun luka.

Biasanya, razor burn terjadi akibat pisau cukur yang tumpul, mencukur dengan arah yang salah, atau mencukur tanpa menggunakan losion.

Mengalami razor burn sesudah mencukur jenggot, kumis, ketiak, maupun pubis, pasti bikin kamu merasa nggak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba sederet cara berikut ini, guys!

1. Dikompres dengan Es

1598422222-kompres-es.jpgSumber: Ilustrasi es batu. (Freepik)

Diamkan area yang mengalami iritasi selama beberapa saat, lalu kompres dengan es batu yang dibalut dengan handuk bersih. Tempelkan pada area yang mengalami iritasi selama beberapa kali sehari, hingga kamu merasa lebih nyaman.

2. Basuh dengan Air Hangat

1598422257-basuh-air.jpgSumber: Ilustrasi basuh air. (Freepik)

Sesudah iritasi mereda, basuh area yang kemerahan dan mengalami gatal-gatal menggunakan air hangat. Air hangat akan mencegah perkembangan bakteri dan mengurangi pembengkakan.

3. Olesi Madu

1598422379-madu.jpgSumber: Ilustrasi madu. (Freepik)

Selain memiliki manfaat antibakteri, madu juga bisa memberikan efek antiritasi. Oleskan madu pada area yang mengalami pembengkakan dan biarkan beberapa saat. Bilas dengan air hangat sesudahnya.

4. Gunakan Gel Lidah Buaya

1598422417-lidah-buaya.jpgSumber: Ilustrasi lidah buaya. (Freepik)

Gel lidah buaya memiliki efek menenangkan sehingga baik untuk mengatasi iritasi kulit. Oleskan gel lidah buaya pada area yang bermasalah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

5. Gunakan Masker Oatmeal

1598423703-oatmeal-(1).jpgSumber: Ilustrasi oatmeal. (Freepik)

Oatmeal dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat iritasi. Haluskan oatmeal secukupnya dan campurkan dengan air hangat dan madu, sehingga berbentuk pasta. Oleskan pada area yang gatal dan kemerahan dan biarkan selama beberapa saat. Bersihkan dengan air bersih sesudahnya.

Untuk razor burn yang terjadi di area pubis, kamu mesti lebih berhati-hati, guys. Untuk sementara waktu, gunakan celana dalam yang longgar dan hindari pemakaian celana yang terlalu ketat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait