Jakarta - Salah satu pondasi yang akan memperkokoh sebuah hubungan yang sehat dan awet adalah kepercayaan pada pasangan. Tanpa adanya rasa saling percaya, hubungan nggak akan bertahan lama. Namun, menumbuhkan kepercayaan pada pasangan, memang butuh proses dan waktu.

Buat beberapa pasangan, proses membangun kepercayaan ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi jangan khawatir. Kalau kamu dan pacar juga tengah berusaha untuk mewujudkan hal ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Ingat Kembali Tujuan Bersama

1606442667-ingat-tujuan-(1).jpgSumber: Freepik

Langkah pertama dalam membangun kepercayaan pada pasangan adalah dengan berfokus pada tujuan masa depan hubungan. Saat kamu dan pacar memutuskan buat jadian, apa sih yang bikin kamu yakin untuk menjalin hubungan?

Mengingat kembali tujuan hubungan, bisa membangkitkan komitmen untuk menjaga hubungan yang telah terjalin. Misalnya, tujuan kalian pacaran adalah untuk membangun keluarga. Memantapkan diri pada tujuan akan membuat hubungan jadi lebih terarah.

2. Dalam Cinta Ada Penghargaan

1606442643-menghargai.jpgSumber: Freepik

Saat kamu mencintai seseorang, maka kamu semestinya juga menghargai dia. Menghargai pasangan dapat diwujudkan salah satunya dengan memberi kebebasan pada pasangan karena yakin bahwa dia akan bertanggung jawab terhadap komitmennya.

3. Realistis

1606442630-realistis.jpgSumber: Freepik

Jangan terlalu terobsesi pada kisah cinta yang sempurna seperti di film atau drakor. Realitanya, sebuah hubungan akan mengalami pasang surut dan mesti bertahan menghadapi masalah.

Agar berhasil menjaga hubungan, kamu dan pasangan mesti bisa menanamkan rasa saling menghargai kebebasan pribadi dan saling mempercayai.

4. Selalu Terbuka

1606442634-terbuka2.jpgSumber: Freepik

Usahakan untuk menempatkan kejujuran dan keterbukaan dalam keseharian hubungan kalian. Biasakan untuk bicara apa adanya semua yang kamu rasakan, meskipun itu pahit. Kalau kamu dan pacar selalu jujur dan terbuka tentang segala hal, maka tak perlu lagi ada yang ditutupi dan diragukan.

5. Tetap Punya Dunia Sendiri

1606442654-punya-dunia-sendiri.jpgSumber: Freepik

Meski punya pacar atau bahkan sudah menikah, penting buat kamu dan pasangan untuk tetap punya dunia kalian sendiri-sendiri. Misalnya, menggeluti hobi yang berbeda atau punya me-time.

Menghabiskan waktu sendiri tanpa sang pacar akan menjaga hubungan kalian tetap sehat dan kehidupan tetap seimbang.

 

Komentar
paper plane