menu
user
URstyle

5 Cara Grooming Cambang biar Makin Ganteng

Itha Prabandhani,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Grooming Cambang biar Makin Ganteng
Image: Perawatan Cambang/Freepik by Teksomolika

Jakarta - Cambang atau jenggot atau rambut di pipi dan dagu, kini sering dianggap sebagai ‘look’ yang cowok banget. Kalau zaman dulu cowok bercambang dianggap kurang bersih dan rapi, sekarang malah digemari banyak cewek.

Seperti halnya rambut di kepala, cambang juga mesti dirawat dengan baik loh, guys. Tanpa perawatan yang rutin, cambang bisa jadi sarang bakteri dan kotoran, hingga bikin kulit wajah mengalami iritasi. Buat kamu yang masih ‘pemula’ dalam bercambang, yuk ikuti beberapa tips dari Urbanasia berikut ini.

1.       Rapikan Secara Rutin

1617846221-rapikan---freepik-diana.grytsku.jpgSumber: Cambang/Freepik by diana.grytsku

Kenali seberapa cepat pertumbuhan cambang kamu, dan rapikan secara berkala. Umumnya, kamu bisa melakukan trimming setiap seminggu sekali, tergantung seberapa panjang cambang yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan gunting rambut biasa atau alat cukur khusus untuk cambang.

2.       Lembapkan dengan Essential Oil

1617846252-lembapkan---freepik-lashkhidzetim.jpgSumber: Cambang/Freepik by Lashkhidzetim

Essential oil seperti lavender, peppermint, dan rosemary, adalah salah satu bagian beauty care untuk cambang. Ambillah sedikit minyak di tangan lalu oleskan merata di cambang. Lakukan sekali sehari untuk menjaga cambang tetap lembap, halus, lembut, dan berkilau.

3.       Scrub Wajah

1617846229-scrub---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Scrub/Freepik by Wayhome Studio

Kulit wajah yang bercambang juga perlu dibersihkan dengan scrub wajah. Lakukan scrubbing seminggu dua kali sambil kamu mengeksfoliasi wajah, untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus bakteri yang tersembunyi.

4.       Gunakan Sunscreen

1617846238-sunscreen---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Sunscreen/Freepik by Valuavitaly

Meski sudah ‘tertutupi’ dengan cambang, area kulit yang ditumbuhi cambang tetap perlu dilindungi dengan sunscreen, guys. Karena itu, saat kamu mengaplikasikan sunscreen di wajah, jangan lewatkan kulit di bawah cambang. Sunscreen akan melindungi seluruh kulit wajah kamu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

5.       Cuci Cambang Secara Rutin

1617846245-cuci---freepik.jpgSumber: Cuci/Freepik

Seperti halnya rambut yang butuh keramas, cambang juga perlu dicuci, guys. Namun, jangan menggunakan shampo rambut, karena akan membuat cambang terlalu kering dan rontok. Gunakan shampo khusus cambang dan cucilah cambang dua hingga tiga kali seminggu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait