Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Cara Mengatasi Sifat Posesif Diri Sendiri

Alwin Jalliyani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Mengatasi Sifat Posesif Diri Sendiri
Image: Ilustrasi orang sedang marah (Freepik/cookie_studio)

Jakarta - Salah satu perangkap dalam hubungan yaitu ketika salah satu atau keduanya memiliki sifat posesif. Perilaku posesif bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari ketidakamanan individu, trauma akan masa lalu, atau karakter bawaan.

Eits, tapi tenang, kecenderungan bersifat posesif bisa diatasi dengan cara berikut, seperti dilansir dari Inspiring Tips.

1. Berhenti Membesar-besarkan Masa Lalu

1614221939-pexels-photo-984950.jpeg-posesif-pixabay-by-Vera-Arsic.jpegIlustrasi posesif. (Pexels by Vera Arsic)

Menggali hubungan di masa lalu bersama pasangan dianggap sebagai hal biasa bagi sebagian orang. Namun, kamu tidak perlu membiarkan hal tersebut, karena dapat mengganggu kehidupan. Perlu dipahami bahwa masa lalu adalah masa lalu dan tidak ada yang mengubah itu. Sebaliknya, fokuslah pada hubungan yang sedang dijalani sekarang.

2. Jangan Paranoid

1625019960-posesif---ViDIstudio.jpgIlustrasi. (Freepik by ViDstudio)

Ada orang yang mudah paranoid saat tidak bersama pasangan. Mereka khawatir bahwa saat di tempat yang berbeda, dia bisa tergoda atau nyaman dengan orang lain. Paranoia semacam ini bisa berbahaya, karena bukan hanya membuat kamu tidak percaya dengan pasangan, tetapi pada saat yang sama juga mempengaruhi pikiran dan hati.

3. Nikmati Hidup

1605927500-bantu-menikmati-hidup.jpgIlustasi menikmati hidup. (Freepik)

Alasan lain kamu cenderung menjadi posesif adalah karena kehidupan yang dijalani berpusat pada pasangan. Perlu diingat, kalian berdua adalah entitas yang berbeda dan kalian berdua memiliki kehidupan masing-masing sebagai individu.

Kamu perlu membuka diri terhadap dunia, seperti menghabiskan waktu bersama teman-teman, mengejar karier, atau bergaul dengan orang lain.

4. Jangan Biarkan Kecemburuan Menguasai Diri

1628750947-sahabat-posesif.jpgIlustrasi orang cemburu. (Freepik/tirachardz)

Cemburu merupakan hal yang normal, itu adalah emosi manusiawi. Sama halnya seperti kemarahan, kegembiraan, dan kesedihan. Namun, saat kamu mulai cemburu berlebihan, ingatlah masa lalu indah bersamanya, masa depan yang direncanakan, dan yakini bahwa perasaat posesif akan merusak itu semua.

5. Kenali Lingkaran Pertemanan Satu Sama Lain

1628750989-sahabat-posesif-3.jpgIlustrasi. (Freepik/tirachardz)

Beberapa orang sangat posesif, sampai-sampai mereka tidak ingin pasangannya bergaul dengan teman-temannya. Jika kamu melakukannya, pasangan akan merasa dirantai dan di bawah kendali. Hal yang dapat kamu lakukan adalah mengenal lingkaran teman pasangan dan bergaul dengan mereka untuk meningkatkan kepercayaan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait