Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Cara Mengurangi Rasa Posesif ke Pacar

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Mengurangi Rasa Posesif ke Pacar
Image: Ilustrasi Pasangan Kekasih (Pixabay/pixel2013)

Jakarta - Bersikap posesif terhadap pacar akan mengakibatkan retaknya hubungan yang sedang dijalin. Adapun berbagai alasan yang bisa membuat pacar ini merasa posesif. Hal itu disebabkan oleh masalah kepercayaan, cemburu, atau memiliki harga diri yang rendah. 

Namun, jika ditelaah kembali sikap posesif bukanlah suatu sikap yang baik untuk pacar. Maka, setiap orang pastinya tidak ingin memiliki pacar posesif. Karena, hal itu juga tidak baik untuk kesehatan mental.

Lalu, bagaimana cara mengurangi rasa posesif terhadap pacar? Ada beberapa cara yang sudah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/9/2021), sebagai berikut.

1. Lupakan Masa Lalu

1626401643-kesalahan-cancer---freepik-karyukav.jpgSumber: Apa yang terjadi di masa lalu sangat berpengaruh pada hubungannya saat ini (Freepik/Karyukav)

Kalau kamu pernah mengalami diselingkuhi atau dikhianati oleh mantan sebelumnya, jangan biarkan hal itu menghantui kamu di hubungan sekarang. Jangan sampai kejadian di masa lalu itu merusak hubungan yang kamu jalani sekarang. 

Kamu harus bisa melihat pasanganmu sekarang ini tidak sama dengan mantan pacarmu yang dulu. Mungkin kejadian masa lalu tidak dapat diubah, akan tetapi kamu bisa fokus terhadap apa yang terjadi di masa kini dan masa depanmu. 

2. Nikmati Hidup Sendiri

1610678586-alasan-jomblo.jpgSumber: Alasan betah menjomblo sesuai zodiak (Freepik)

Jika terikat dalam suatu hubungan, tidak berarti kamu melupakan apa yang menjadi kesenanganmu. Karena, kamu juga pasti memiliki kesibukan tersendiri, mulai dari pekerjaan, hobi, hingga  kehidupan sosial. Meskipun penting juga menghabiskan waktu dengan pasangan, akan tetapi penting juga untuk kamu menikmati kehidupanmu sendiri tanpa pacar.

3. Kenali Lingkungan Sosialnya

1616077791-jomblo---pexels-helena-lopez.jpegSumber: Ilustrasi jomblo. (Pexels/Helena Lopez)

Penting dalam suatu hubungan untuk mengenal lingkungan sosial satu sama lain. Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan teman-teman pacarmu atau sebaliknya. Hal itu bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kekhawatiran yang dimiliki selama ini, padahal sebenarnya tidak perlu seperti itu. 

4. Kenali Akar Masalah

1624096469-putusin-pacar---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi pacar (Freepik/Freepik)

Salah satu hal untuk mengurangi rasa posesif ini penting bagi kamu mengetahui akar permasalahannya. Karena, posesif ini bisa terjadi karena trauma yang ada di masa lalu.

Tidak perlu ragu juga untuk sekadar meminta bantuan, bisa kepada pasangan atau orang sekelilingmu yang dianggap bisa membantu. Hal itu bisa membuat lebih baik bagi diri kamu dan juga hubungan yang sedang dijalani.

5. Percaya Diri Sendiri dan Pasangan

1625536150-pacaran-serius-jadi-berantakan---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Pacaran serius jadi berantakan. (Freepik/Cookie_studio)

Hal yang paling penting dalam sebuah hubungan, yaitu kepercayaan.  Kamu tidak bisa mengubah pasangan, atau sebaliknya. Namun, hal yang memungkinkan dilakukan adalah mengubah diri sendiri dan percaya bahwa kamu bisa menjadi pasangan terbaik bagi pacarmu. 

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait