beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Cara Menjadi Ibu Bahagia, Bisa Dilakukan di Rumah Aja!

Izzah Putri Jurianto,
15 November 2022 20.59.04 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Menjadi Ibu Bahagia, Bisa Dilakukan di Rumah Aja!
Image: Ibu memeluk anak-anak (Pexels/ketutsubiyanto)

Jakarta –  Menjadi seorang ibu adalah pengalaman berharga dan tak terlupakan bagi siapa pun. Katanya, agar anak bahagia, ibunya juga harus menjadi sosok yang bahagia. 

Namun, menjadi seorang ibu terkadang dituntut untuk terus-menerus fokus kepada urusan anak dan rumah, yang tak jarang menjadi salah satu faktor stres.

Kira-kira bagaimana caranya agar menjadi ibu yang bahagia, ya? Rupanya hal tersebut bisa diwujudkan dengan melakukan kebiasaan sederhana saat di rumah aja.

Biar nggak penasaran, yuk cek tips menjadi ibu bahagia dengan cara sederhana ala Urbanasia berikut ini!

1. Cari Suasana Baru

1665720325-Ilustrasi-Ibu-Menemani-Anaknya-Beraktivitas.jpgSumber: Ilustrasi ibu bersama anak-anaknya (pexels/elinafairytale)

Sudah berapa lama kamu berada di rumah dengan segala rutinitas? Kini, cobalah untuk keluar rumah dan mencari suasana baru.

Sekedar berjalan-jalan ringan di sekitar rumah, bisa meningkatkan mood dengan cukup baik, loh. Alhasil, tubuh dan pikiranmu pun jadi lebih rileks saat beraktivitas.

2. Workout

1663126901-fitness-woman-with-slim-body-doing-abdominal-crunches-exercise-mat-home-active-woman-exercising-with-hiit-workout.jpgSumber: Ilustrasi workout (crunches/Freepik)

Sejak menjadi seorang ibu, kamu mungkin merasa jadi lebih mudah lelah setelah beraktivitas. Tidak apa-apa, ini adalah hal yang wajar, kok.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk workout. Workout pun tidak harus dilakukan di gym, bisa kamu lakukan sendiri di rumah paling tidak selama 30 menit. Voila, badan jadi lebih sehat dan segar!

3. Cuddle Bersama Anak

1666158839-Ilustrasi-Ibu-dan-Anak.jpgSumber: Ilustrasi ibu dan anak (Freepik/Freepik)

Percaya nggak percaya, sering cuddle dan bersantai bersama anak bisa menambah kebahagiaanmu setiap harinya, loh. Sebab, hal ini dipercaya mampu menurunkan tingkat stres pada ibu dan anak.

Luangkan sedikit waktu setiap harinya untuk memeluk anak, misalnya ketika akan tidur. Tak hanya bikin tenang, cuddle dengan anak juga akan memperkuat bonding kalian berdua.

4. Belajar Memaafkan

1666672735-Ilustrasi-Ibu-Berbicara-Kepada-Anak.jpegSumber: Ilustrasi ibu dan anak (pexels/barbaraolsen)

Saat anak membuat kesalahan, memang tak akan mudah untuk mengontrol emosi. Namun, bukan berarti kamu harus berlama-lama marah kepada anak.

Apalagi, jika anakmu sudah berani dan berusaha untuk meminta maaf. Hargailah aksi mereka ini dan coba untuk tidak mengungkit-ungkit kesalahan yang sudah berlalu di masa mendatang.

5. Deep Talk dengan Suami

1640753889-ilus-pasangan-5.jpgSumber: Ilustrasi ngobrol santai. (Freepik/our-team)

Menjadi ibu memang diharuskan untuk memusatkan perhatian kepada anak. Tujuannya memang baik, namun seringkali dalam perjalanannya kita jadi sedikit abai dengan pasangan.

Untuk menghindari risiko pertengkaran yang tidak diinginkan, kalian berdua perlu setidaknya sesekali berbicara dari hati ke hati. Luangkan waktu, misalnya malam hari sebelum tidur atau di akhir pekan, untuk saling bercerita dan mengungkapkan hal yang sedang dipendam. Dengan begitu, dinamika hubungan juga tidak terganggu.

So, untuk para Urbanreaders yang saat ini sudah belajar menjadi seorang ibu, tetaplah bahagia di manapun kalian berada, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait