beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Rahasia Bantu Anak Belajar dengan Cepat

Kintan Lestari,
14 November 2022 11.02.13 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Rahasia Bantu Anak Belajar dengan Cepat
Image: Ilustrasi ibu dan anak belajar. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Jakarta - Saat memutuskan punya anak, orang tua tentu wajib membesarkan dan mendidik anaknya, baik yang terlahir normal maupun berkebutuhan khusus. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk tahu potensi dan kekuatan anaknya sejak dini agar dapat mempengaruhi arah masa depannya. 

Sayangnya beberapa orang tua tidak tahu cara mendidik yang benar. Padahal cara didik yang kurang sesuai memiliki efek yang mendalam pada proses pertumbuhan dan perkembangan. Contohnya adalah ketika orang tua mendidik anak saat belajar. Banyak yang tidak sabaran dan akhirnya marah-marah ke anak. Dalam kondisi tertekan akibat omelan, anak tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik dan akhirnya prestasi mereka menurun.

Menurut Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia, ketika orang tua dapat mendidik anak dengan tepat, otak anak dapat bekerja dengan benar dan anak menjadi lebih bahagia. Ketika anak bahagia, mereka belajar dengan lebih cepat. Ketika anak dapat belajar dengan lebih cepat, prestasi mereka akan meningkat dan pastinya akan membanggakan orang tua dan orang-orang di sekitar.

Baca Juga: Tips Mendidik Anak Agar Kelak Tak Jadi Pelaku Pelecehan Seksual

Lantas, bagaimana cara mendidik anak supaya belajar dengan cepat? Berikut 4 rahasia neuroscience anak dapat cepat dalam belajar.

1. Motivasi

1660794895-motivasi-belajar.jpgSumber: Ilustrasi motivasi belajar. (Freepik/cookie-studio)

Sebagian besar anak menyadari keterbatasan mereka sendiri dan oleh karena itu sering merasa cemas dan frustasi ketika mencoba melakukan sesuatu. Kamu sebagai orang tua harus membantu mereka mengatasi kekurangan mereka dan menyadari potensi anak. Kamu juga harus meyakinkan mereka bahwa mereka mampu untuk melakukan apapun yang mereka impikan.

2. Pendidikan yang Tepat

1598952402-anak-sekolah.jpgSumber: Ilustrasi anak sekolah. (Freepik/a3pfamily)

Pendidikan merupakan sarana penting bagi anak. Oleh karena itu, orang tua harus aktif mempromosikan kemampuan anak-anaknya dengan melibatkan mereka di sekolah. Urbanreaders dapat memilih sekolah inklusif yang mendukung perkembangan anak sesuai dengan kekuatannya masing-masing.

3. Pentingnya Makna Kehidupan

1605098655-ayah-anak-5.jpgSumber: Ilustrasi kebersamaan ayah dan anaknya. (Pixabay)

Terkadang anak tidak antusias belajar karena takut melakukan kesalahan dan kurang memahami pentingnya kegiatan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengajarkan dan berbicara kepada anak-anaknya tentang arti hidup. Misalnya, kegagalan bukanlah hal yang memalukan dan ilmu yang dipelajari akan berguna dalam bagi kehidupan.

4. Aktif dalam Komunitas

1666159293-Ilustrasi-Ibu-dan-Anak-Laki-Laki.jpgSumber: Ilustrasi Ibu dan Anak Laki-Laki (Freepik/Freepik)

Bergabung dengan komunitas dapat memberikan dampak positif bagi orang tua dan anak. Dengan cara ini, baik kamu dan anak dapat bersosialisasi dan bermain bersama seperti selayaknya.

Itu dia 4 rahasia membantu anak belajar dengan cepat. Mendidik anak memang bukan sesuatu yang mudah, namun saat orang tua mau belajar dan berkembang untuk mengoptimalkan potensi anak didukung dengan lingkungan yang tepat, maka anak dapat mencapai prestasi sesuai dengan bidangnya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait