Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Cara Merawat Interior Mobil yang Benar

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Merawat Interior Mobil yang Benar
Image: Ilustrasi kabin mobil. (Pixabay/MikesPhotography)

Jakarta - Kenyamanan berkendara tidak hanya diperoleh dari performa mesin yang optimal, tetapi juga kabin yang bersih. Membersihkan interior mobil bermantaat pula untuk menjaga kesehatan.

Namun, kamu perlu tahu bahwa komponen yang bervariasi memiliki cara memberihkannya tersendiri. Berikut merupakan cara merawat interior mobil yang benar versi Suzuki Indonesia.

1. Membersihkan Plafon Mobil

1632904438-pexels-.jpgIlustrasi kabin mobil. (Pixabay/Pexel)

Plafon mobil dilapisi berbagai jenis bahan seperti beludru atau fabric. Setiap bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Jika plafon beludru, kamu bisa menggunakan lap yang telah dibasahi ari bersih. Lalu, gosok perlahan plafon hingga bersih. Sedangkan jika berbahan fabric, kamu perlu menyiapkan cairan khusus.

2. Cara Merawat Jok Mobil

1626257224-Ilustrasi-Bersihkan-Jok-Mobil.jpgIlustrasi mencuci jok mobil. (Pixabay/peeonelove)

Kamu bisa membersihkan jok mobil dengan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Selain itu, manfaatkan mesin vakum dapat menyedot kotoran di sela-sela jok. Apabila terdapat noda, kamu bisa memakai cairan sabun yang digosok dengan kain secara perlahan. Namun, jika jok memakai bahan kulit, hindari penggunaan cairan deterjen karena akan merusak.

3. Cara Membersihkan Dashboard

1630909992-Ilustrasi-mobil.-(Pixabay-3844328.jpgSumber: Ilustrasi mobil. (Pixabay/3844328)

Cara merawat interior nahoam dashboard tidak terlalu sulit. Debu kering dapat dibersihkan dengan kemoceng. Sedangkan untuk kotoran yang berkerak bisa dibersihkan dengan kain lap yang dibasahi air hangat. Supaya makin bersih, kamu bisa memakai mesin vakum untuk menyedot debu dan kotoran kecil lainnya. 

4. Membersihkan Lubang Ventilasi AC

1632370734-ac-mobil.jpgIlustrasi kabin mobil. (Pixabay/ninofficialphotography)

Ventilasi AC merupakan komponen mobil yang perlu diperhatikan. Apabila kotor, ventilasi dapat menyebarkan virus atau bakteri kepada pengendara dan penumpang. Cara membersihkan lubang ventilasi AC dapat menggunakan kemoceng. Kamu juga bisa menggunakan kanebo yang telah dibasahi dan diperas supaya kotoran dapat terangkat.

5. Membersihkan Pijakan Kaki dan Karpet

1625730863-Mobil.jpgIlustrasi. (Pixabay/Mikes-Photography)

Alas kaki yang membawa debu, kotoran bahkan lumpur dapat menjadi sumber bau tidak sedap dalam mobil. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara membersihkannya. Pertama, lepas karpet dan cuci setelah terpisah. Gunakan air dan sabun untuk menghilangkan noda yang berkerak. Lalu, pada bagian bawah karpet bisa memakai mesin vakum untuk menyedot semua debu atau kerikil.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait