Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Cara Memundurkan Mobil Manual Secara Aman

Alwin Jalliyani,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Memundurkan Mobil Manual Secara Aman
Image: Ilustrasi Mobil. (Pixabay/bertsz)

Jakarta – Memundurkan mobil dengan transmisi manual harus hati-hati karena menggunakan kopling. Kemampuan memundurkan mobil akan dipakai dalam berbagai situasi, khususnya saat hendak parkir. 

Diperlukan feeling yang tepat, dan berbagai faktor lainnya, seperti putaran setir, jarak antar kendaraan, penggunaan kaca spion, hingga pijakan pedal gas. Berikut merupakan cara memundurkan mobil manual yang benar versi Auto 2000.

1. Fokus ke Pedal Kopling

1630909992-Ilustrasi-mobil.-(Pixabay-3844328.jpgIlustrasi mobil. (Pixabay/3844328)

Cara pertama yang harus dilakukan adalah fokus terhadap pedal kopling. Kamu perlu menginjak pedal kopling sampai mentok dan ditahan terus. Langkah ini diperlukan untuk berpindah ke proses berikutnya, yaitu memindahkan gigi atau persneling.

2. Pindahkan ke Gigi Mundur

1630563063-Ilustrasi-Mobil-free-photos-Pixabayy.jpgIlustrasi Mobil. (Pixabay/free photos)

Saat kamu hendak memundurkan mobil, posisi persneling harus dipastikan dalam posisi netral. Setelah menginjak pedal kopling, arahkan ke kanan lalu ke bawah untuk menuju gigi mundur (R). Jika sudah di gigi R, mobil siap untuk mundur.

3. Lepaskan Pedal Kopling

1625730863-Mobil.jpgIlustrasi. (Pixabay/Mikes-Photography)

Apabila sudah dalam posisi gigi mundur, lepaskan pijakan pedal kopling secara perlahan. Ketika melepaskan pedal kopling, kamu wajib memerhatikan keadaan di belakang mobil melalui kaca spion kiri, kanan, dan tengah.

4. Mulai Memundurkan Mobil

1615546360-nyetir-mobil-2---pixabay-freestocks-photos.jpgIlustrasi. (Pixabay/Freestocks-photos)

Setelah melepas kopling, kamu dapat menginjak pedal gas perlahan-lahan untuk memundurkan mobil. Fokuskan perhatian pada sekitar dan cek sudut belok pada setir.

Jangan sampai posisi mobil kamu yang sedang mundur terlalu dekat dengan mobil di belakang, kanan, atau kiri. Apabila terlalu dekat, coba benarkan posisi dengan memulai proses mundur dari langkah pertama.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait