Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Cara Tepat untuk Merawat Motor Baru

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Tepat untuk Merawat Motor Baru
Image: Ilustrasi sepeda motor (Pixabay/mbil)

Jakarta –  Bagi kamu yang saat ini memiliki sepeda motor baru, tak ada salahnya jika tetap merawatnya dengan metode yang tepat. Biasanya, pemilik motor akan melakukan servis rutin yang diberikan gratis oleh pabrik.

Namun, ternyata bukan hanya servis rutin saja yang harus dilakukan supaya motor tetap awet namun kamu juga harus tetap merawatnya di rumah. Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat motor baru seperti dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia.

1. Panaskan Motor Sebelum Dipakai

1623816809-motor-bekas.jpegSumber: ilustrasi mengendarai sepeda motor (Suzuki Indonesia)

Saat motor pertama kali tiba di rumah, kamu perlu memanaskan motor terlebih dahulu. Lebih baik lagi, mencoba mengendarai langsung untuk memastikan semua fiturnya bekerja dengan baik. Setelah itu, panaskan motor sekitar 5 menit setiap pagi sebelum digunakan. Proses ini dapat meningkatkan kinerja mesin.

2. Pilih Bahan Bakar Berkualitas

1630499417-iade-michoko ilustrasi bahan bahar minyak BBM.jpgSumber: Ilustrasi BBM (Pixabay/iade michoko)

Bahan bakar akan mempengaruhi keawetan mesin, khususnya pada motor injeksi. Bahan bakar yang berkualitas adalah yang beroktan tinggi, minimal oktan 90 mampu mengurang risiko munculnya kerak. Hal ini karena bahan bakar selalu meninggalkan kerak setelah proses pembakaran. Bahan bakar dengan oktan tinggi mampu menciptakan pembakaran sempurna.

3. Rutin Membersihkan Motor

1614056845-naik-motor-stocksnap-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi berkendara sepeda motor (Pixabay/stocksnap)

Apabila kamu tidak rajin membersihkan motor, kerak tersebut akan menjadi sumber jamur pada body dan mesin. Rajin membersihkan motor membantu kamu mengetahui kerusakan pada motor.

Cara ini dapat dimulai dengan mengelap motor setelah digunakan, apalagi jika melewati area berlumpur. Kamu juga bisa mencuci motor sekalian menggunakan sabun dan membilasnya dengan air bersih.

4. Hindari Parkir di Ruang Terbuka

1630499512-free-photos---pixabay.jpgSumber: Ilustrasi sepeda motor (Pixabay/free-photos)

Sinar UV dapat merusak lapisan coating pada body motor dengan sangat cepat. Cat motor jadi mudah kusam yang membuat tampilannya tidak menarik. Selain itu, untuk menghindari kerusakan pada kaca speedometer. Biasanya kaca speedometer akan mudah bergaris apabila terlalu sering terkena sinar matahari.

5. Jangan Membawa Beban Berlebihan

1630061807-monoar-cgi-artist.jpgSumber: Ilustrasi motor. (PIxabay/monoar cgi artist)

Ketika kamu akan berkendara jauh, lebih baik cek kembali muatan sebelum berangkat. Setiap motor memiliki batas muatan yang berbeda-beda. Jangan sampai kamu membawa beban yang melebihi batas. Beban yang berlebihan akan membuat mesin bekerja lebih keras. Apalagi ditambah jarak yang ditempuh cukup jauh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait