beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Desa Wisata untuk Liburan Asyik Rekomendasi Sandiaga Uno

Rasya Azzahra,
24 Maret 2022 17.49.43 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Desa Wisata untuk Liburan Asyik Rekomendasi Sandiaga Uno
Image: Desa Penglipuran (Instagram/desa_adat_penglipuran)

Jakarta – Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki keindahan alam yang tersebar di berbagai daerah sehingga menjadi salah satu wilayah yang digemari wisatawan lokal hingga mancanegara untuk dikunjungi.

Sandiaga Uno sebagai Menteri Ekonomi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terus mengupayakan perkembangan pariwisata di Indonesia, termasuk desa-desa wisata yang ia rekomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan dan masuk ke dalam nominasi terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Nah, kira-kira dimana aja sih? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Desa Wisata Pujon Kidul

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cafesawah pujonkidul (@desawisata_pujonkidul)

Desa wisata pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Desa Wisata Pujon Kidul. Terletak di Malang, desa ini akan menghadirkan pemandangan sunrise yang indah di Bukit Nirwana dan kamu juga bisa merasakan kehangatan dari masyarakat dan otentik di daerah Kampung Budaya.

Selain itu, para wisatawan yang mengunjungi desa ini akan dapat mengikuti berbagai kegiatan menarik seperti belajar membuat batik tulis. membuat aneka olahan susu di Pawon Ndeso, atau membuat topeng dan kesenian tradisional lainnya. 

Alamat: Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur

2. Desa Wisata Selasari

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BUMDes Desa Wisata Selasari (@desawisata.selasari)

Desa Wisata Selasari menghadirkan suasana wisata berbasis alam dan budaya seperti berpetualang mengikuti kegiatan river tubing. Jika kamu ke sini, kamu akan diajak untuk menjelajahi sungai dengan melintasi jeram lalu memasuki gua hingga air terjun yang indah. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin refreshing atas segala kesibukan di ibukota nih.

Alamat: Selasari, Parigi, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat.

3. Desa Wisata Arborek

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anton Chandra (@antonchandra)

Berlanjut ke Papua, Desa Wisata Arborek menjadi tempat yang harus daftar liburan kamu nih. Masuk dalam 50 besar ADWI 2021, desa ini menghadirkan pemandangan hamparan pasir putih  keindahan bawah laut yang menawan serta deretan pepohonan kelapa.

Kamu juga bisa menyelam dan melihat keindahan terumbu karang. Selain itu, kamu juga bisa loh menanam terumbu karang sembari menikmati sunset dan sunrise untuk memanjakan diri. Desa ini juga menyediakan pemandu yang akan menemani kamu menjelajahi biota laut, dan pastinya sudah terlatih secara resmi loh, jadi enggak usah khawatir.

Alamat: Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

4. Desa Penglipuran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DESA ADAT PENGLIPURAN (@desa_adat_penglipuran)

Pindah ke Bali, kamu bisa mengunjungi Desa Penglipuran yang merupakan salah satu primadona pariwisata yang sudah banyak menerima penghargaan dan prestasi kancah dunia, salah satunya terkenal sebagai desa wisata terbersih loh.

Saat memasuki desa ini, kamu akan disuguhkan deretan tanaman hijau, sehingga udara dan pemandangan akan semakin terasa sejuk serta asri dengan pagar tanaman yang menghiasi wilayah desa. Dengan segala keindahan alam, keunikan budaya, dan tradisi adat yang masih kental, kamu akan melihat ‘wajah asli’ Bali.  

Alamat: Jl. Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

5. Desa Wisata Cisande

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Desa Wisata Cisande (@desawisatacisande)

Kalau kamu ingin liburan sambil belajar, Desa Wisata Cisande bisa menjadi salah satu pilihan kamu nih. Desa ini menawarkan ragam kegiatan yang diisi dengan nilai-nilai edukasi wisata peternakan, mulai dari budidaya ikan hias hingga menanam padi.

Tidak hanya itu, kamu juga menemukan daya tarik wisata lainnya seperti river tubing, camping ground, panahan, hingga kegiatan seru lainnya seperti melihat dan mencoba terlibat dalam proses produksi seni kriya penduduk desa setempat.

Alamat: Kampung Karadenan, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan Sukabumi, Jawa Barat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait