Jakarta - Pontianak nggak kalah menariknya dengan kota-kota lain di Indonesia loh, Urbanreaders.

Ya, Ibu Kota Kalimantan Barat (Kalbar) ini juga memiliki wisata edukasi bersejarah hingga keindahan alam yang tersembunyi yang belum banyak diketahui banyak orang loh, apa aja sih?

1. Pantai Kijing

1610439463-Pantai-Kijing-Pontianak.jpegPantai Kijing. (Borneos.id)

Pantai Kijing merupakan salah satu ikon wisata kota yang dilalui garis khatulistiwa loh guys. 

Nah, ketika kamu berkunjung ke sini, selain kamu dapat menikmati suasana pantai dengan angin sepoi-sepoi dan suara ombak, kamu juga dapat menyaksikan balapan motor yang lokasinya di sisi kiri jalan guys.

2. Pulau Lemukutan

1610439517-lemukutan1.jpgLemukutan Island. (Devianart)

Buat kamu yang suka banger snorkling, kamu bisa mengunjungi Pulau Lemukutan loh guys. Wisata yang terletak di Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bwngkayang ini memiliki ratusan spesies biota laut. 

Pulau Lemukutan masih dijaga keasliannya, sehingga kamu dapat melihat berbagai biota laut. Dan tempatnya sangat bersih.

3. Rumah Betang Radakng

1610439757-Rumah-Betang-Radakng.pngRumah Betang Radakng. (Kualanamu)

Apabila kamu berkunjung ke Pontianak dan belajar adat serta budaya, kamu bisa berkunjung ke Rumah Betang Radakng. 

Rumah adat suku dayak ini menjadi salah satu replika rumah terpanjang dan menjadi rumah seni loh, guys. Lokasi Rumah Betang Radakng terletak di Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

4. Tugu Khatulistiwa

1610439613-ob-ab6b5c-tugu-khatulistiwa-di-alun-alun-kapuas.jpgTugu Khatulistiwa. (Morning musume)

Hanya berjarak tiga kilometer dari Kota Pontianak, kamu bisa berkunjung ke Tugu Khatulistiwa yang menjadi ikon Kalimantan Barat khususnya Pontianak. 

Nah, di sini kamu bisa belajar mengenai berbagai informasi garis khatulistiwa. Di sini, kamu akan belajar tentang fenomena alam, di mana matahari akan berada tepat di atas garis khatulistiwa. Fenomena tersebut akan membuat seluruh benda yang terletak di atas garis tersebut tidak akan memiliki bayangan.

5. Keraton Kadriah

1610439692-Keraton-Kadriah.jpgKeraton Kadriah. (Flickr.com)

Nggak hanya di Pulau Jawa saja yang memiliki keraton, di Pontianak juga terdapat keraton loh. Ya, ialah Keraton Kadriah yang terletak di Jalan Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Di sini, kamu bakal belajar tentang sejarah kesultanan. Ya, kamu juga dapat melihat meriam kuno, kemudian Al Quran yang ditulis secara manual oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Komentar
paper plane