beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Fakta Rusun Kalimalang, Viral Usai Jadi Lokasi Syuting ‘Pengabdi Setan 2’

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Fakta Rusun Kalimalang, Viral Usai Jadi Lokasi Syuting ‘Pengabdi Setan 2’
Image: Bagian dalam Rusun Kalimalang yang jadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion/[email protected]

Jakarta – Rusun Kalimalang belakangan viral usai dipakai sebagai lokasi syuting 'Pengabdi Setan 2'. Rumah susun tersebut kini ramai dikunjungi orang-orang yang penasaran dengan suasana mistis di sana. 

Nah buat yang penasaran, berikut Urbanasia rangkum fakta - fakta menarik Rusun Kalimalang. 

1. Lokasi Rusunami Kalimalang 

Lokasi syuting ‘Pengabdi Setan 2: Communion’ berada di perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur. Lokasi ada di Bintara Jaya, tepatnya di belakang kawasan Pasar Sumber Artha Kalimalang.  

2. Dibangun di era pemerintahan SBY 

Rusun Kalimalang merupakan bagian dari program ‘1000 Menara’ yang direncanakan Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tujuan program tersebut untuk menyediakan hunian yang layak bagi warga berpenghasilan rendah. 

1660039503-rusun-kalimalang.jpgSumber: Bagian dalam Rusun Kalimalang yang jadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion/[email protected]

3. Sudah kosong selama 13 tahun 

Bangunan lima belas lantai itu sudah kosong selama tiga belas tahun. Rusun Kalimalang pertama kali dibangun pada 2007. Tapi pembangunan gedung mangkrak di tengah jalan dan berhenti pada 2009. 

Proyek tersebut kabarnya tidak berlanjut karena masalah kendala biaya. Bangunan tersebut kini kosong dan tidak terawat, namun halaman depan rusun itu kini beralih fungsi menjadi tempat parkir. 

4. Ada area terlarang 

Menurut cerita Joko Anwar, ada area terlarang yang tidak boleh dipakai sebagai lokasi syuting. Area yang tidak boleh dikunjungi adalah lantai 7. Kabarnya salah seorang kru ‘Pengabdi Setan 2: Communion’ ada yang penasaran dan nekat naik ke sana. Tapi dia mengalami kejadian mistis tak lama setelahnya. 

5. Jadi lokasi wisata dadakan 

Semenjak lokasi syuting ‘Pengabdi Setan 2: Communion’ bocor di Twitter, rusun ini jadi ramai dikunjungi banyak orang. Mulai dari warga yang tinggal di sekitar lokasi sampai para selebgram. 

Mereka mengaku penasaran ingin merasakan sendiri suasana horor yang ada di sana. Tapi saat ini rusun tersebut kabarnya ditutup demi keselamatan pengunjung. 

Nah itu dia beberapa fakta Rusun Kalimalang yang jadi lokasi syuting ‘Pengabdi Setan 2: Communion’. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait