Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Fungsi Knalpot yang Perlu Kamu Tahu!

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Fungsi Knalpot yang Perlu Kamu Tahu!
Image: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay/Antranias)

Jakarta - Knalpot merupakan komponen kendaraan yang berperan sebagai saluran akses pembuangan. Sisa hasil pembakaran dari mesin akan dibuang lewat knalpot yang berbentuk pipa.

Oleh karenanya, knalpot umumnya dipasang pada bagian belakang dan mengarah ke belakang. Namun, ternyata knalpot memiliki fungsi lainnya yang dirangkum dari Suzuki Indonesia berikut ini.

1. Meredam Suara dari Ruang Bakar

1632139888-Pixabay-ReinhardThrainer.jpgSumber: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay/ReinhardThrainer)

Knalpot berfungsi meredam suara bising dari ruang pembakaran. Ketika udara bercampur dengan bahan bakar akan menimbulkan ledakan dan suara bising di telinga.

Jika knalpot dilepas, suara yang dihasilkan akan sangat keras. Namun, setelah dipasang suara yang dihasilkan lebih hening.

2. Meningkatkan Tenaga yang Dimiliki Kendaraan

1632139880-Pixabay--Antranias.jpgSumber: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay/Antranias)

Lalu, knalpot dianggap dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan. Namun, cara ini berfungsi dengan baik apabila knalpot didesain secara tepat dan memakai bahan tambahan yang sesuai. Jenis knalpot juga perlu perlu disesuaikan dengan mesin.

3. Menjadi Aksesoris

1632139875-466654.jpgSumber: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay/466654)

Fungsi knalpot lainnya, yaitu sebagai aksesoris kendaraan. Kamu bisa melihat beberapa kendaraan yang dimodifikasi, biasanya knalpot juga turut diganti.

Ada yang menggunakan bahan chrome bahkan merubah ukurannya. Beberapa knalpot dipesan secara custom sesuai keinginan pemilik kendaraan.

4. Mengurangi Polusi Udara

1632139870-Pixabay-Antranias.jpgSumber: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay/Antranias)

Sisa pembakaran mesin mengandung karbondioksida yang akan dilepaskan ke udara. Kandungan tersebut berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi.

Oleh karena itu, knalpot juga berperan untuk mengurangi polusi udara.

5. Mengurangi Berat Kendaraan

1632139865-Pixabay-Cozmicphotos.jpgSumber: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay/Cozmicphotos)

Terakhir, knalpot mampu mengurangi bobot kendaraan. Beberapa jenis knalpot dengan standar pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi.

Pemakaian knalpot yang ringan meningkatkan kemampuan handling saat akselerasi. Kebanyakan jenis knalpot ini digunakan pada kendaraan dengan cc besar. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait