Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Cara Mudah Hilangkan Karat Knalpot Motor, Tanpa Harus ke Bengkel

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Mudah Hilangkan Karat Knalpot Motor, Tanpa Harus ke Bengkel
Image: Ilustrasi cara menghilangkan karat knalpot motor. (Pixabay/ReinhardThrainer)

Jakarta - Karat pada knalpot motor kesayangan memang menyebalkan. Umumnya karat muncul akibat air hujan yang mengering karena tidak segera dicuci.

Namun, ternyata Urbanreaders bisa menghilangkan karat tanpa perlu ke bengkel, loh. Berikut, cara menghilangkan karat versi Suzuki Indonesia.

1. Pakai Pasta Gigi

1602659126-pastagigi.jpgSumber: Ilustrasi pasta Gigi (Freepik)

Pasta gigi di rumah ternyata ampuh membersihkan karat pada knalpot motor. Kamu cukup mengoleskan pasta gigi pada permukaan knalpot yang berkarat. Kemudian, ratakan dengan sikat gigi dan tunggu sebentar.

Hapus pasta gigi hingga bersih dan karat akan menghilang. Jika karatnya tebal, lakukan cara ini beberapa kali.

2. Pakai Oli Bekas

1601358390-ganti-oli-motor.jpgSumber: Ilustrasi mengganti oli motor di rumah (https://www.federaloil.co.id)

Jika Anda servis ke bengkel resmi, mintalah sedikit oli bekas karena bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Kamu tidak perlu keluar uang dan bisa dilakukan tanpa harus melepaskan komponen knalpot.

Caranya dengan menyalakan kendaraan dan biarkan mesin sampai panas, kemudian oleskan oli bekas ke area knalpot yang berkarat. Nantinya karat akan meleleh bersama oli.

3. Pakai Soda Kue

1629978737-natureFriend.jpgSumber: Ilustrasi cara menghilangkan karat knalpot motor dengan soda kue. (Pixabay/natureFriend)

Selain dimanfaatkan untuk membuat makanan, soda kue juga bisa menghilangkan karat pada knalpot motor.

Caranya, pertama campurkan terlebih dahulu soda kue ke dalam air jeruk nipis. Lalu, oleskan larutan ke permukaan knalpot yang berkarat. Diamkan selama beberapa menit maka lama kelamaan karat akan memudar. Setelah itu, kamu tinggal membersihkannya dengan kain kering saja.

4. Pakai Bensin

1629978781-skitterphoto.jpgSumber: Ilustrasi cara menghilangkan karat knalpot motor dengan bensin. (Pixabay/skitterphoto)

Bensin yang bisa digunakan yaitu Pertamax Turbo. Namun, kamu perlu mencampurkan Pertamax Turbo dengan minyak tanah.

Supaya lebih aman, lepas knalpot terlebih dahulu. Kemudian, campuran tadi dioleskan pada permukaan knalpot yang memiliki karat. Setelah didiamkan beberapa menit, Sikat area yang sudah dioleskan dengan sikat gigi sampai karat menghilang.

5. Pakai Krim Pembersih Karat

1620113229-rantai-motor-karat.jpegSumber: Sepeda motor berkarat (Suzuki Indonesia)

Jika tidak mau ribet, kamu bisa membeli krim khusus penghilang karat di bengkel atau toko online. Sama seperti cara sebelumnya, kamu harus melepas knalpot terlebih dahulu.

Lalu, amplas seluruh bagian knalpot. Setelah itu, bilas dan tunggu sampai kering sebelum dioleskan krim. Selepas dioles, diamkan sebentar dan siram knalpot dengan bensin. Karat pada knalpot pun akan lenyap.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait