menu
user
URstyle

5 Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai Cewek

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai Cewek
Image: Ilustrasi anemia pada wanita. (Freepik/Yanalya)

Jakarta - Menurut American Society of Hematology, anemia adalah kondisi kadar sel darah merah (hemoglobin) yang rendah dalam tubuh. Sel darah merah ini bertugas untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh, saat kadar oksigen berkurang maka secara otomatis fungsi tubuh akan terganggu.

Anemia sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya yaitu anemia defisiensi zat besi. Dilansir dari Women’s Health, anemia jenis ini banyak menyerang cewek, penyebabnya sendiri yaitu karena kurangnya asupan zat besi.

Hal itu menyebabkan terjadinya penurunan jumlah sel darah merah yang sehat, padahal zat besi sendiri dibutuhkan untuk menghasilkan hemoglobin. Ketika seseorang mengalami anemia defisiensi zat besi, secara otomatis tubuh akan merasa mudah lemas dan sesak napas akibat kurangnya pasokan hemoglobin.

Berikut adalah gejala anemia pada cewek yang perlu diwaspadai:

Sakit Dada

Saat kekurangan sel darah merah, jantung harus bekerja ekstra untuk dapat memindahkan oksigen melalui darah. Sakit dada disertai sesak napas muncul saat gejala anemia sudah parah. Jika tidak segera ditangani dan mendapatkan pertolongan medis, bisa berakibat fatal seperti halnya gagal jantung.

Kelelahan

Melansir HealtGrades, ciri-ciri anemia yang dialami cewek salah satunya adalah kelelahan tanpa sebab yang jelas, dengan kata lain kelelahan tidak berasal dari aktivitas fisik yang berat.

Tapi kamu juga perlu tau, guys. Kelelahan bukan satu satunya gejala yang di sebabkan oleh anemia, kelelahan juga bisa terjadi karena depresi, diabetes, kurang bergerak, bahkan pola makan yang kurang sehat.

Nafsu Makan Berubah

Cewek yang sedang terkena anemia biasanya akan kehilangan selera nafsu makan secara tiba-tiba. Dalam kondisi ini biasanya mereka justru menginginkan makanan yang tak lazim, seperti tiba-tiba ingin minum air es, makan es batu, dan lain sebagainya.

Sakit Kepala

Sakit kepala saat anemia memang umum terjadi, karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh, jika tubuh kekurangan oksigen maka secara otomatis otak juga ikut kekurangan oksigen.

Akibatnya, pembuluh darah di dekat otak jadi membengkak dan menyebabkan sakit kepala. Selain sakit kepala, biasanya orang yang terkena anemia juga akan jadi sulit untuk berkonsentrasi dan kehilangan fokus.

Kaki Gelisah

Kekurangan zat besi membuat kaki dan tangan terasa lebih dingin. Hal ini seringkali membuat penderita anemia merasa tidak nyaman dan terus menerus menggerakan kakinya tanpa alasan yang jelas atau bisa juga disebut sindrom kaki gelisah untuk menghangatkan tubuh.

Nah, Urbanreaders kalau kamu merasakan lima gejala tersebut, baiknya kamu segera periksakan dan berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencegah terjadinya sakit yang lebih serius. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait